Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Beranda » LASIK » Mata Kering Setelah Operasi LASIK? Wajarkah?

Mata Kering Setelah Operasi LASIK? Wajarkah?

Mata Kering

Setelah melaksanakan operasi LASIK maka Anda akan merasa penglihatan Anda menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya tetapi jangan kaget jika mata terasa kering dan gatal karena gejala ini merupakan efek samping yang paling umum setelah operasi LASIK dilakukan. Sekitar 95% pasien melaporkan gejala mata kering setelah prosedur.

Hal – hal yang menjadi pemicu mata kering setelah operasi LASIK

Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya mata kering setelah LASIK, yaitu memiliki penyakit diabetes, menderita rabun dekat sebelum LASIK atau memiliki penglihatan yang dikoreksi hingga tingkat tinggi, memiliki kondisi mata kering sebelum operasi LASIK berlangsung serta berjeniskelamin wanita. Pada kebanyakan pasien yang sudah mengikuti operasi LASIK, gejala mata kering paling terlihat pada bulan – bulan awal setelah operasi. Sebagian besar mengatakan kondisi yang berangsur – angsur lebih baik dalam kurun waktu enam hingga dua belas bulan.

Pemeriksaan kondisi mata untuk pasien LASIK

Kualitas dan kuantitas air mata yang dihasilkan merupakan faktor yang mempengaruhi keringnya mata dan dapat mempengaruhi penyembuhan setelah operasi mata. Oleh karena itu, sebelum dilakukan LASIK, pasien akan menjalani serangkaian tes untuk mengetahui kualitas dan kuantitas air mata tersebut. Pemeriksaan yang dilakukan yaitu:

– Schirmer test: potongan kertas tipis yang ditempatkan di bawah kelopak mata bagian bawah untuk mengukur produksi air mata.

– Tear Breakup time: penempatan sedikit pewarna pada permukaan mata untuk memantau bagaimana air mata didistribusikan dan ketika mereka “putus” di permukaan mata.

Apa penyebabnya?

Mata akan terasa kering setelah operasi lasik karena terpotongnya saraf kornea yang berfungsi sebagai stimulus produksi air mata. Hal ini merupakan hal yang sangat wajar dan bersifat sementara untuk semua pasien yang telah melakukan operasi LASIK. Untuk mengatasi hal tersebut dapat diberikan obat tetes air mata buatan  (artificial tears) yang dapat membuat mata menjadi tidak kering dan memudahkan pasien dapat beraktivitas dengan baik setelah LASIK.

Reviewed by: dr. Utami Noor Sya’baniyah SpM

Source: Post-LASIK dry eye