Mata minus atau yang sering disebut dengan rabun jauh atau juga Myopia adalah keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk melihat jarak jauh seperti melihat rambu-rambu lalu lintas, tulisan di papan tulis depan kelas ataupun tayangan film yang tampak buram ketika Anda sedang menonton bioskop yang jaraknya jauh dari Anda. Akan tetapi, akan mudah untuk melihat jarak dekat seperti membaca atau melihat layar monitor komputer. Myopia terjadi ketika kondisi kornea mata menebal sehingga pantulan cahaya / bayangan objek tidak fokus di retina tetapi berada jauh di depannya. Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini penggunaan alat bantu penglihatan seperti kacamata, softlens atau operasi refraktif dibutuhkan.

Apa saja gejala mata minus / myopia?

Gejala yang paling jelas adalah kesulitan untuk melihat objek atau benda dalam jarak yang jauh, akan tetapi Anda juga dapat merasakan hal-hal dibawah ini:

  • Sakit kepala
  • Rasa lelah di mata ketika melihat benda yang jauh beberapa meter didepan Anda
  • Rasa tegang pada mata
  • Mata juling
  • Mata lelah ketika berkendara, berolahraga

Ketika mengalami gejala di atas, Anda disarankan untuk memeriksakan kondisi mata Anda ke klinik mata terdekat sehingga dapat dillakukannya perawatan lebih lanjut.

Pencegahan mata minus / myopia

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah mata minus / myopia seperti:

  • Mengonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti; brokoli, wortel, kangkung, bayam, pepaya, melon, belimbing
  • Melakukan pemeriksaan mata dengan rutin
  • Membaca ditempat yang cukup penerangannya
  • Menjaga aktivitas melihat dekat dalam waktu yang lama tanpa istirahat

Penanganan mata minus / myopia

Kesulitan penglihatan ini dapat ditangani dengan beberapa bantuan alat penglihatan ataupun dengan melakukan bedah refraktif.

  1. Kacamata : Cara yang dapat dengan mudah dilakukan adalah menggunakan kacamata yang sesuai dengan kondisi minus pada mata. Anda dapat memilih frame kacamata yang sesuai dengan keinginan Anda. Akan tetapi penggunaan kacamata di saat melakukan aktivitas olahraga dan aktivitas intensitas tinggi lainnya akan sangat mengganggu penggunanya.
  2.  Softlens: Softlens dapat digunakan sebagai alternatif lain menangani mata minus. Bentuknya yang lembut dan dipasangkan ke mata akan sangat membantu Anda melakukan aktivitas dengan intensitas yang tinggi; olahraga, menyelam, berkendara dan lain-lain. Akan tetapi, Anda harus memberikan tetes mata beberapa jam sekali agar mata tidak kering dan harus melepasnya sebelum tidur. Pembersihan juga harus dilakukan dengan kondisi tangan yang bersih dan menggunakan cairan khusus. Sehingga membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.
  3. Bedah Refraktif: Bedah Refraktif dapat dilakukan sebagai opsi penanganan mata dengan rabun jauh. Seiring dengan perkembangan teknologi, kondisi mata minus atau myopia dapat diatasi dengan bantuan sinar laser.  Ada beberapa metode Lasik yang pernah dijalankan sampai ke metode yang paling terbaru yaitu ReLEx SMILE (Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction) yang tidak memerlukan pembuatan flap pada bagian kornea yang biasa dilakukan dalam prosedur LASIK terdahulu.

Prosesnya yang tidak lebih dari 10 menit akan membuat penglihatan Anda kembali jernih dan membaik dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga, banyak orang yang lebih memilih melakukan bedah refraktif dibandingkan dengan menggunakan kacamata atau softlens.

Bagaimana perawatan mata minus / myopia?

Bagi penderita mata minus / myopia sangat disarankan untuk melakukan pengecekan rutin kondisi mata minimal satu kali setahun ke dokter spesialis mata. Hal ini dilakukan untuk memantau bila terjadi perubahan dalam ukuran minus yang diderita.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan bagi Anda yang sudah menjalankan operasi Lasik untuk  mengistirahatkan mata secara berkala setelah aktivitas melihat dekat cukup lama.

Dapatkan Harga Exklusif LASIK secara Online hingga 7.5jt.

ReLEx® SMILE Vs LASIK Konvensional: Kelebihan dan Biaya

Informasi Lebih Lanjut Mengenai Operasi FemtoLASIK!

Informasi Lebih Lanjut Mengenai Operasi ReLEx® SMILE!