Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Beranda » LASIK » Lasik Mata dengan BPJS Belum Dijamin? Ada 3 Alternatif Lain

Lasik Mata dengan BPJS Belum Dijamin? Ada 3 Alternatif Lain

Mata menjadi organ tubuh yang tidak kalah penting dengan organ tubuh lainnya. Terlebih bagi seseorang yang mengalami kelainan refraksi, maka penglihatan mereka tidak akan jelas. Belakangan ini metode LASIK mata digunakan untuk memperbaiki kesalahan bias dan membentuk kembali kornea. Lantas, apakah biaya operasi LASIK mata dengan BPJS Kesehatan ditanggung? Jika tidak, adalah alternatif lainnya? Penasaran kan? Yuk, temukan jawabannya pada ulasan berikut!

Metode LASIK mata terkini menggunakan ReLEx Smile dan FemtoLASIK yang memberikan kenyamanan lebih pada pasien. 

Baca Juga: Biaya Lasik Mata 2022: Informasi, Perbandingan dan Biaya

Berapa Biaya Operasi LASIK Mata?

Siapa yang tidak mengenal dengan tindakan LASIK mata. Salah satu prosedur perbaikan penglihatan mata yang efektif. Bahkan survei terbaru menunjukkan 90% pasien puas dengan hasil tindakan LASIK. Belum lagi keunggulan operasi LASIK yang mendukung, seperti minim rasa sakit, pemulihan pasca operasi cepat, serta koreksi penglihatan sangat efektif.

Tindakan LASIK memang menguntungkan terutama bagi seseorang yang alergi terhadap lensa kontak. Selain itu bagi profesi tertentu yang tidak memperbolehkan penggunaan kacamata dan lensa kontak.
Mengingat begitu banyak keuntungan dari tindakan LASIK dan prosedur pengobatan yang menggunakan mesin canggih. Biaya operasi LASIK di Ciputra SMG Eye Clinic untuk 2 mata cukup terjangkau, yakni Rp38.000.000,-. Operasi LASIK di Ciputra SMG Eye Clinic dilakukan oleh dokter spesialis mata yang sudah berpengalaman dan terlatih lebih dari 38 terampil di bidangnya.

Baca Juga: Perbandingan Metode LASIK: Z-LASIK Vs ReLEx SMILE

Cara Menyiasati Biaya LASIK Mata Selain LASIK BPJS

Seperti kita ketahui, manfaat LASIK yang dapat membantu menjalani hidup lebih nyaman tanpa ketergantungan kacamata dan lensa kontak. Adapun gangguan penglihatan, seperti rabun jauh, rabun senja, mata kering hingga katarak menjadi tanggungan BPJS Kesehatan. Akan tetapi, program BPJS menanggung rabun jauh, silinder, rabun deket dengan kacamata. Sebab gangguan penglihatan tersebut dianggap masih mampu ditangani dengan memakai alat bantu, seperti kacamata.

Sementara LASIK mata merupakan tindakan termasuk pelayanan kesehatan untuk tujuan kosmetika atau estetik. Jadi, BPJS tidak menanggung tindakan LASIK mata karena LASIK mata bukanlah tindakan medis yang diperlukan sekali atau essensial. Sementara tidak ada ancaman atau bahaya kesehatan lanjutan jika tidak melakukan LASIK. Kesimpulannya, BPJS tidak menanggung biaya tindakan LASIK mata dan hanya menanggung biaya operasi katarak ataupun penyakit mata yang sifatnya pengobatan. Rasanya wajar bila LASIK tidak dijamin BPJS. Mengingat biayanya yang cukup tinggi serta kecanggihan alat yang digunakannya.

Semua orang berhak mendapatkan penglihatan yang jelas, bahkan tanpa bantuan kacamata. Bagaimana pun hidup ini terlalu singkat jika harus menunggu. Lantas, bagaimana bila penderita rabun jauh ingin merasakan kenyamanan tindakan LASIK, tetapi belum memiliki biaya? Terdapat beberapa alternatif pembayaran yang dapat Anda coba di antaranya:

1. Menggunakan Asuransi
Sebagian besar perusahaan asuransi mengaggap LASIk dan operasi mata laser korektif lainnya sebagai produk elektif. Namun, pada kondisi tertentu asuransi dapat menanggung operasi laser untuk memperbaiki masalah mata akibat cedera misalnya.

Baca Juga: Risiko dan Manfaat LASIK: Ini Hal yang Perlu Diketahui

2. Menggunakan Fasilitas Cicilan Bulanan
Anda memiliki kartu kredit? Jika iya, Anda dapat mencicil biaya tindakan LASIK dengan menggunakan kartu kredit. Kini, banyak juga rumah sakit dan klinik mata yang menawarkan program cicilan untuk LASIK mata dengan bunga rendah. Anda membayar perawatan dengan angsuran bulanan yang sesuai dengan jangka waktu tertentu. Anda tidak perlu menunggu lama untuk merasakan tindakan LASIK. Meskipun BPJS tidak mengcover LASIK mata, tetapi Anda dapat merasakan kenyamanan tindakan LASIK dengan program cicilan di fasilitas kesehatan pilihan Anda.

3. Menggunakan Promo LASIK
Guna mendapatkan pelayanan LASIk carilah promo-promo menarik yang ditawarkan dari rumah sakit atau klinik mata. Biasanya mereka memberikan diskon atau potongan harga besar-besaran pada periode tertentu. Anda bisa mendapatkan biaya LASIK dengan harga terjangkau.

Jika Anda tertarik dan sedang mempertimbangkan LASIK, penting untuk tidak hanya memahami manfaat dan prosedur itu sendiri, tetapi juga biaya keuangannya. Ternyata ada banyak pilihan pembiayaan LASIK sehingga Anda tidak membayar dalam jumlah besar atau justru lebih terjangkau. Jadi, penting untuk mencari informasi untuk memastikan mana pembayaran yang terbaik untuk Anda. Meskipun biaya LASIK  tidak sedikit pastikan Anda mendapatkan pelayanan permium dan dilakukan oleh ahlinya ya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cek promo LASIK di Ciputra SMG Eye Clinic!

Telah direview oleh dr. Syenny Budi Handoko, SpM

Source:

Terakhir diperbarui pada 23 Januari 2024