Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Lasik Mata Masa Kini!

Lasik mata masa kini! LASIK (Laser Assisted in Situ Keratomileusis) adalah bedah korektif di mana lapisan tipis kornea dibuka untuk memungkinkan sinar laser bisa mengubah bentuk kornea untuk menghilangkan kelainan refraksi myopia (rabun jauh/mata minus) dan astigmatism (mata silinder).

Biaya Lasik Mata 2020

Mengapa LASIK perlu dilakukan?

Ketika cahaya tidak lagi fokus pada retina, maka penglihatan Anda menjadi kabur. Dokter menyebut ini sebagai kelainan refraksi.  LASIK dapat dilakukan bagi pasien yang memiliki gangguan penglihatan sebagai berikut:

1. Rabun Jauh (Myopia)
Gangguan penglihatan di mana Anda melihat objek di dekatnya dengan jelas, tetapi objek yang jauh menjadi buram. Rabun jauh terjadi saat bola mata terlalu panjang atau kornea melengkung terlalu tajam. Kondisi ini menyebabkan, Anda dapat melihat objek yang dekat dengan jelas, tetapi tidak dengan yang jauh. Sinar cahaya fokus di depan retina dan mengaburkan penglihatan jauh.

2. Astigmatisme
Kondisi yang terjadi pada mata akibat lengkungan kornea tidak simetris atau mendatar tidak merata. Astigmatisme menyebabkan penglihatan kabur secara keseluruhan sehingga mengganggu  fokus penglihatan dekat dan jauh.

Risiko dan Manfaat LASIK

Metode LASIK

Metode LASIK berkembang dari era 1960-an hingga sekarang terdapat tiga generasi dari metode LASIK yang beredar di dunia.

1. Photorefractive Keratektomy (PRK) adalah jenis operasi mata untuk mengkoreksi mata minus dan silinder yang pertama kali dengan membuat bukaan pisau pada permukaan kornea.

2. FemtoLASIK adalah jenis operasi mata yang menggunakan Laser femtosecond untuk membuat bukaan pada permukaan kornea & Laser excimer untuk mengkoreksi kelainan refraksi. Hal ini yang membuat prosedur FemtoLASIK lebih akurat dan aman dibandingkan metode LASIK yang terdahulu.

3. Teknologi LASIK mata masa kini, yaitu ReLEx® SMILE (Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction) adalah metode LASIK mata terkini yang dapat mengoreksi kelainan refraksi tanpa perlu pembuatan flap pada kornea seperti yang dilakukan pada umumnya.

Proses penyembuhan menjadi jauh lebih cepat dan tindakan hanya membutuhkan beberapa detik saja. Setelah selesai operasi, penglihatan akan mencapai 80% serta akan mencapai 100% dalam beberapa hari*.

Inilah Generasi masa depan dalam bidang bedah refraktif dengan laser yang hanya mengunakan satu langkah laser femtosecond dalam proses tindakannya.

Tak seperti LASIK umumnya, pada ReLEx® SMILE pasien tidak perlu pindah posisi dari satu mesin ke mesin lainnya, karena hanya menggunakan satu jenis laser yaitu Femtosecond Laser, sehingga jauh lebih nyaman dan cepat proses operasinya.

FemtoLASIK

Prosedur FemtoLASIK

  1. Laser femtosecond digunakan untuk membuat bukaan (flap) yang sangat tipis sekitar 10mm melalui jutaan bintik laser kecil yang ditembakkan ke permukaan kornea. Dengan menggunakan teknologi laser, keseluruhan prosedur ini menggunakan teknologi laser tanpa pisau bedah. Ketika lapisan flap pada kornea telah selesai, flap dibuka secara perlahan dan mata siap untuk dilakukan langkah kedua.
  1. Koreksi myopia dan astigmat dilakukan dengan menggunakan excimer laser selama beberapa detik. Setelah itu, flap ditutup kembali dan akan melekat dengan sendirinya.

Manfaat FemtoLASIK

  • Merupakan tindakan minimum invasif
  • Dapat menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau softlens
  • Keseluruhan proses hanya membutuhkan waktu selama beberapa menit

ReLEx® SMILE

Prosedur ReLEx® SMILE

1. Visumax Femtosecond Laser membuat jaringan kornea tipis yang berbentuk seperti lensa (lenticule) pada dasar lapisan dalam kornea lalu dibentuk insisi kornea berukuran 2- 4mm.

2. Selanjutnya lenticule tersebut dikeluarkan melalui insisi kornea tersebut, sehingga struktur kornea tetap terjaga dan stabil karena tidak adanya pembuatan flap. Insisi kecil pada kornea tadi akan sembuh secara alami. Pengambilan lenticule ini membuat mata dapat melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamata atau lensa kontak.

Manfaat ReLEx® SMILE

  • Tidak ada komplikasi yang berhubungan dengan flap; seperti flap bergeser atau berkerut karena tidak adanya pembuatan flap pada proses operasi ini.
  • Tidak menggunakan pisau bedah sama sekali dan hanya menggunakan Visumax Femtosecond Laser sehingga membuat proses dan fase penyembuhan berlangsung lebih cepat.
  • Prosedur yang minimal invasif karena metode ini hanya ada insisi 4mm saja.
  • Hanya memerlukan waktu beberapa menit saja dalam proses operasi.
  • Dikarenakan tidak adanya bukaan (flap), pasien merasa lebih nyaman dan tidak mengalami sakit.
  • Keluhan mata kering stelah operasi sangat berkurang karena tidak ada tindakan pada struktur kornea bagian atas.
  • Dapat menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak
lasik mata

Ideal & Cocok Untuk Siapa?

Siapa yang membutuhkan LASIK? Beberapa pasien yang memiliki gangguan refraksi mata perlu memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini.

lasik mata

KRITERIA UNTUK FEMTOLASIK & ReLEx® SMILE

ReLEx® SMILE sangat cocok sekali bagi pasien dengan kelainan refraksi myopia yang tinggi yaitu antara -1.00D sampai dengan -10.00D dan penderita astigmatisma/cylinder sampai dengan -5.00D. Sedangkan FemtoLASIK, dapat mengkoreksi myopia antara -1.00D sampai dengan -15.00D dan penderita astigmatisma/cylinder sampai dengan -5.00D

lasik indonesia

CALON IDEAL UNTUK FEMTOLASIK & ReLEx® SMILE

Berusia 18 tahun ke atas.
Tidak Sedang Hamil & menyusui
Tidak ada riwayat penyakit mata.

lasik mata

KONDISI MATA UNTUK FEMTOLASIK & ReLEx® SMILE

Tidak ada perubahan yang signifikan pada resep kacamata dalam 1 tahun terakhir. Tidak memiliki penyakit kornea, degenerasi retina yang signifikan, kekeringan mata yang parah dll.

Risiko LASIK

Komplikasi yang mengakibatkan hilangnya penglihatan sangat jarang terjadi. Namun, ada efek samping tertentu dari operasi LASIK terutama mata kering dan masalah penglihatan sementara, seperti sensitif terhadap cahaya cukup umum terjadi.  Biasanya akan hilang setelah beberapa minggu atau bulan.  Berikut risiko operasi LASIK  meliputi:

  • Mata kering, operasi LASIK menyebabkan penurunan sementara produksi air mata
  • Koreksi yang tidak maksimal terutama pada penderita rabun jauh
  • Masalah penglihatan, seperti sensitif terhadap cahaya, mudah silau, penglihatan ganda
  • Astigmatisme yang disebabkan oleh pengangkatan jaringan tidak merata
  • Sinar laser menghilangkan jaringan kornea terlalu banyak
  • Penglihatan kembali pada kondisi sebelum operasi, meskipun ini komplikasi yang kurang umum
  • Hilangnya atau perubahan penglihatan, beberapa orang mungkin tidak melihat dengan tajam atau jelas seperti sebelumnya

Apakah Anda salah satu kandidat di atas dan tertarik melakukan operasi LASIK? Konsultasikan segera dengan dokter spesialis mata berpengalaman,  terpercaya di Ciputra SMG Eye Clinic Jakarta dan Surabaya. Dokter akan  menjelaskan manfaat LASIK yang tentunya menguntungkan untuk Anda. Dokter spesialis mata akan bekerja dengan tim kami untuk membantu mengevaluasi dan memberikan penanganan yang tepat. Yuk daftar dan konsultasikan sekarang!