Perbandingan Metode LASIK:
Z-LASIK Vs ReLEx SMILE

Perbandingan metode LASIK antara Z-LASIK dan ReLEx SMILE akan dibahas pada artikel kali ini. LASIK sendiri merupakan singkatan dari Laser Assisted In Situ Keratomileusis, adalah bedah korektif di mana lapisan tipis kornea dibuka untuk memungkinkan sinar laser bisa mengubah bentuk kornea untuk menghilangkan kelainan refraksi (myopia dan astigmat). Metode LASIK berkembang dari era 1960-an hingga sekarang.

perbandingan metode lasik

7 Dimension Z-LASIK (7D Z-Lasik): Perbandingan Metode LASIK

7D Z-LASIK merupakan salah satu metode LASIK yang menggunakan sistem Latency-Free Tracking sehingga mampu melacak 7 dimensi pergeseran bola mata saat proses operasi dilakukan. Metode ini menggunakan inovasi sistem excimer laser berkecepatan tinggi dengan 1050Hz dan dirangkaikan dengan mesin Ziemer Crystaline 5000 Khz atau yang biasa disebut dengan Femtosecond laser. Metode ini dibuat dengan tujuan untuk mengikuti pergerakan bola mata normal. Oleh karena itu, sistem pelacak Latency-Free Tracking berkemampuan untuk menembakkan excimer laser tanpa ada jeda waktu.

Selain itu 7D Z-LASIK dilakukan sebagai prosedur bebas pisau dengan menggunakan pengukuran komputer dan laser berteknologi tinggi untuk mengoreksi penglihatan yang terjadi pada mata seperti myopia dan astigmat.

Prosedur Z-LASIK

1. Laser femtosecond digunakan untuk membuat lipatan (flap) yang sangat tipis sekitar 10mm melalui jutaan bintik laser kecil yang ditembakkan ke permukaan kornea. Dengan menggunakan teknologi laser, keseluruhan prosedur tidak menggunakan pisau bedah. Ketika lapisan flap pada kornea telah selesai, flap dibuka secara halus, dan mata siap untuk dilakukan langkah kedua.

2. Selanjutnya, koreksi myopia dan astigmat dilakukan dengan menggunakan excimer laser selama beberapa detik. Setelah itu, flap ditutup kembali dan akan melekat dengan sendirinya.

Kelebihan Z-LASIK

  • Prosedur yang tidak terlalu invasif
  • Dapat menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau softlens
  • Keseluruhan proses hanya membutuhkan waktu selama beberapa menit

ReLEx SMILE: Perbandingan Metode LASIK

ReLEx SMILE adalah metode lasik terkini yang menggunakan prosedur tanpa flap dan minim invasif. Tidak seperti metode LASIK yang lain, dengan menggunakan teknik ReLEx SMILE, proses koreksi mata dari awal hingga selesai menggunakan laser yang sama yaitu VisuMax Femtosecond Laser. SMILE sendiri merupakan singkatan dari Small Incision Lenticule Extraction yang merupakan pengembangan terbaru dalam Bedah Laser yang dipelopori oleh tim bedah Ahli di Carl Zeiss Meditec.

Dengan hanya menggunakan satu mesin: VisuMax akan membuat waktu operasi menjadi lebih cepat dan pasien merasa lebih nyaman.

Prosedur ReLEx SMILE

1. Visumax Femtosecond Laser membuat jaringan kornea tipis yang berbentuk seperti lensa (lenticule) pada dasar lapisan dalam kornea lalu dibentuk insisi kornea berukuran 2- 4mm.

2. Selanjutnya lenticule tersebut dikeluarkan melalui insisi kornea tersebut, sehingga struktur kornea tetap terjaga dan stabil karena tidak adanya pembuatan flap. Insisi kecil pada kornea tadi akan sembuh secara alami. Pengambilan lenticule inilah yang mengubah jalan masuknya cahaya ke dalam mata, sehingga membuat mata dapat melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamata atau lensa kontak.

Manfaat ReLEx SMILE

  • Tidak ada komplikasi yang berhubungan dengan flap; seperti flap bergeser atau berkerut karena tidak adanya pembuatan flap pada proses operasi ini.
  • Tidak menggunakan pisau bedah sama sekali dan hanya menggunakan Visumax Femtosecond Laser sehingga membuat proses dan fase penyembuhan berlangsung lebih cepat.
  • Prosedur yang minimal invasif karena metode ini hanya ada insisi 4mm saja.
  • Hanya memerlukan waktu beberapa menit saja dalam proses operasi.
  • Dikarenakan tidak adanya bukaan (flap), pasien merasa lebih nyaman dan tidak mengalami sakit.
  • Keluhan mata kering stelah operasi sangat berkurang karena tidak ada tindakan pada struktur kornea bagian atas.
  • ReLEx SMILE mengurangi abrasi optic yang terjadi karena tidak terdapat flap.
  • Dapat menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau softlens

Mana yang Terbaik Di Antara Keduanya?: Perbandingan Metode LASIK

7-D Z LASIK dalam prosesnya menggunakan dua mesin yaitu excimer laser dan femtosecond laser, dilakukanya pembukaan flap sekitar 10 mm pada kornea mata dan tidak menggunakan pisau bedah sama sekali.

Dibandingkan dengan ReLEx SMILE, metode ini merupakan teknologi LASIK terbaru yang dalam prosesnya hanya dilakukan insisi sebanyak 4mm (lebih kecil dibanding metode LASIK lainnya) dengan menggunakan laser (tidak menggunakan pisau bedah), serta hanya menggunakan satu alat yaitu Visumax Femtosecond Laser yang canggih, sehingga membuat proses operasi menjadi lebih cepat. Ditambah lagi, dengan tidak adanya pembukaan flap, maka pasien akan merasa lebih nyaman, dan menjaga struktur kornea mata.

Dapatkan Harga Exklusif LASIK secara Online hingga 7.5jt.

Informasi Lebih Lanjut Mengenai Operasi FemtoLASIK!

Informasi Lebih Lanjut Mengenai Operasi ReLEx® SMILE!

ReLEx® SMILE Vs LASIK Konvensional: Kelebihan dan Biaya