Sahabat healthcare, pada artikel ini akan membahas tentang ReLEx® SMILE Vs LASIK Konvensional, meliputi kelebihan dan biayanya.

Rasa jenuh mungkin dirasakan saat Anda harus terus menerus mengandalkan kacamata ataupun lensa kontak yang harus dipakai mulai dari pagi hingga malam menjelang tidur karena kondisi mata minus pada saat beraktivitas. Belum lagi ketika kondisi sekitar tidak mendukung penglihatan Anda seperti kacamata berembun karena uap panas dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, kacamata basah karena hujan, kacamata yang terus melorot dari hidung, ditambah lagi semakin disulitkan ketika harus nonton film 3D dengan kacamata double. Jika menggunakan contact lens, Anda akan lebih disibukkan untuk meneteskan tetes mata setiap beberapa menit sekali karena kondisi mata yang kering, waktu maksimal penggunaan hanya 8 jam, mata merah, perih dan rasa tidak nyaman karena adanya benda asing di mata. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, penderita mata minus dapat sembuh dan tidak perlu lagi kerepotan menggunakan alat bantu penglihatan. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas tentang metode lasik terkini.

ReLEx SMILE Vs LASIK, kelebihan ReLEx SMILE

Metode LASIK Terkini: ReLEx® SMILE

ReLEx® SMILE (Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction) adalah teknik terbaru untuk menghilangkan kelainan refraksi (minus, silinder) tanpa flap (flapless). tehnik ini merupakan metode bedah refraktif dengan menggunakan mesin Visumax Femtosecond System, diproduksi oleh ZEISS, perusahaan teknologi internasional terkemuka di Jerman yang beroperasi dalam industri optik dan optoelektronik. Teknologi femtosecond ini memiliki keunggunalan karakteristik presisi pemotongan yang akurat, kecepatan yang tak tertandingi. Sudah lebih dari 1000 ahli bedah di seluruh dunia menerapkan metode ini.

Kelainan refraksi myopia yang berkisar dari -1.00D sampai dengan -10.00D dan penderita astigmatisma/silinder sampai dengan -5.00D merupakan kriteria pertama untuk pasien ReLEx® SMILE. Kemudian kriteria selanjutnya, pasien harus sudah berusia 18 tahun keatas, tidak memiliki riwayat penyakit mata seperti penyakit kornea, degenerasi retina yang signifikan, kekeringan mata yang parah, selain itu bagi pasien wanita sedang tidak dalam kondisi hamil dan menyusui, serta tidak adanya perubahan yang signifikan pada resep kacamata dalam waktu 1 tahun terakhir. Lalu bagaimana tahap operasinya?

Tahapan operasi LASIK dengan metode ReLEx® SMILE

Ada tiga tahap ketika pasien menjalani metode ReLEx® SMILE; yang pertama, mesin VisuMax memerlukan waktu sekitar 30 detik untuk membuat lenticule yaitu lapisan tipis yang dibentuk pada stroma kornea yang disesuaikan dengan koreksi yang diperlukan dan membuat insisi kecil 2 – 4mm di permukaan kornea. Pada tahap kedua, Lenticule yang merupakan koreksi tadi diambil atau dikeluarkan melalui insisi yang kecil yang dibuat tadi. Struktur kornea sama sekali tidak terganggu/termanipulasi dan tetap stabil. Tahap ketiga, dengan diambilnya lenticule tadi akan mengubah jalannya sinar yang masuk ke mata sehingga menjadikan penglihatan menjadi tajam kembali. Sedangkan insisi kecil tadi akan sembuh dengan sendirinya. Prosedur ini tentu saja tidak menyebabkan rasa sakit dan Anda tetap sadar selama seluruh prosedur dijalankan. Hal ini dikarenakan sebelum dilakukannya tindakan, Anda akan diberikan anestesi topikal berupa tetes mata.

Setelah menjalani operasi dengan ReLEx® SMILE, pada umumnya pasien akan mengalami:

  • Penglihatan yang akan sedikit berkabut dan rasa kurang nyaman sekitar 4-5 jam pertama
  • Penglihatan menjadi jauh lebih baik dibandingkan pada saat menggunakan kacamata, tetapi masih ada efek samping seperti silau dalam waktu 24 jam
  • Pada minggu pertama, penglihatan semakin jelas tetapi masih sedikit kurang stabil
  • Untuk minggu selanjutnya, penglihatan akan semakin jelas dan menikmatai indahnya penglihatan tanpa kacamata / lensa kontak.

Untuk mendukung penyembuhan, Anda tidak boleh mengucek mata, jangan membiarkan mata Anda terkena air dan tidak diperbolehkannya menggunakan riasan di sekitar mata.

Kelebihan ReLEx® SMILE

Membahas tentang ReLEx® SMILE vs LASIK Konvensional. Tidak seperti FemtoLASIK, kelebihan ReLEx® SMILE berupa tidak adanya komplikasi pada flap, seperti flap bergeser atau lepas, struktur kornea pada bagian atas tetap terjaga. Tindakan ReLEx® SMILE mengurangi risiko mata kering setelah operasi karena hanya sedikit syaraf kornea yang terpotong, dimana saraf inilah yang berperan untuk mengalirkan air mata. Pasien juga tidak perlu pindah ke mesin lainnya pada saat proses dikarenakan hanya menggunakan satu mesin yaitu Visumax. Lalu, bagaimana dengan biayanya?

Biaya operasi LASIK dengan metode ReLEx® SMILE

Dengan harga yang masih dalam kategori affordable untuk melakukan operasi lasik untuk dua mata yaitu sekitar 38 juta di Ciputra SMG Eye Clinic, pasien akan ditangani langsung oleh dokter spesialis mata yang sudah berpengalaman dan terlatih. Dokter spesialis mata kami adalah; dr. Yudisianil E. Kamal SpM(K), dr. Heru Mahendrata Singgih, SpM, dr. Triwijayanti SpM, dr. Bambang Triwiyono SpM(K), dr. Feriyanto, SpM.

ReLEx SMILE Vs LASIK, kelebihan ReLEx SMILE

Sebagai kesimpulan, Anda yang dulunya terbiasa menggunakan alat bantu penglihatan seperti kacamata ataupun lensa kontak untuk mendukung penglihatan yang jelas serta merasakan efek samping dari penggunaan kacamata / lensa kontak dapat menikmati kembali penglihatan yang lebih jelas daripada sebelumnya dengan melakukan tindakan ReLEx® SMILE yang menggunakan mesin terbaru serta tercanggih yang diproduksi oleh Zeiss dari Jerman yaitu Visumax Femtosecond System, dilakukan oleh dokter yang berpengalaman, tingkat risiko pasca operasi yang rendah dibandingkan metode operasi LASIK sebelumnya seperti “FemtoLASIK” dan “excimer laser”. Demikian penjelasan mengenai ReLEX® SMILE vs LASIK Konvensional: kelebihan serta biayanya.

Tunggu apa lagi, konsultasikan kondisi mata Anda kepada kami di Ciputra SMG Eye Clinic.


Klik disini untuk mendapatkan harga exklusif LASIK secara online hingga 7.5jt.


Informasi Lebih Lanjut Mengenai operasi FemtoLASIK!

Informasi Lebih Lanjut Mengenai operasi ReLEx SMILE!

Biaya dan Informasi Lasik Mata