Berapa Lama Operasi LASIK?

Berapa lama operasi lasik mata? Mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang muncul dalam benak Anda ketika ingin memutuskan untuk melakukan operasi LASIK. Ada beberapa tahap yang harus diikuti dan dilakukan mulai dari persiapan, proses, hingga kegiatan apa saja yang harus dilakukan setelah operasi berjalan. Untuk itu, simak penjelasan selengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

Berapa Lama Operasi LASIK?
berapa lama proses operasi lasik
Operasi Lasik di Ciputra SMG Eye Clinic

Pemeriksaan Awal Sebelum Melakukan Tindakan: Berapa Lama Operasi LASIK

Pada tahap ini, Dokter Spesialis Mata akan melakukan pemeriksaan pre operasi (pemeriksaan awal) untuk melihat kemungkinan apakah Anda adalah kandidat yang sesuai untuk operasi LASIK. Ada beberapa arahan yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan pemeriksaan awal, seperti:

  1. Menghentikan Pemakaian Lensa Kontak
    Jika menggunakan Lensa Kontak, sebaiknya hentikan terlebih dahulu penggunaanya sebelum Anda melakukan pemeriksaan pre-LASIK dan sebagai pengganti lensa kontak sementara waktu Anda dapat menggunakan kacamata. Hal ini dikarenakan lensa kontak yang tidak dilepas dalam waktu yang cukup, dapat menyebabkan bentuk kornea tidak kembali ke bentuk normal sebelum operasi dan ini bisa berakibat buruk pada pasien. Akibat lainnya adalah hasil pemeriksaan untuk perhitungan saat operasi menjadi tidak akurat dan hasil operasi yang didapatkan menjadi kurang maksimal.Pengukuran yang dilakukan bertujuan untuk menentukan berapa banyak jaringan kornea yang akan dihilangkan, bahkan perlu dilakukan pemeriksaan ulang minimal satu minggu setelah pemeriksaan awal dan sebelum operasi untuk memastikan hasil pengukuran tidak berubah, khususnya bila Anda menggunakan Rigid Gas Permeable atau hard lense. Jika Anda menggunakan lensa kontak:

    • Softlens, harus dilepaskan 2 minggu sebelum melakukan pemeriksaan pre LASIK
    • Hardlens atau RGP, harus dilepaskan 2 minggu sebelum melakukan pemeriksaan pre LASIK
  2. Informasi Mengenai kesehatan
    Anda harus menginformasikan kepada Dokter mengenai:

    • Bila ada sejarah pengobatan / penyakit mata
    • Sedang mengkonsumsi obat
    • Riwayat alergi obat
  3. Pengarahan Mengenai Operasi LASIK
    Dokter Spesialis Mata akan melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh dan mendiskusikan tentang:

    • Apakah Anda adalah kandidat yang sesuai
    • Risiko, keuntungan dan alternatif operasi yang sesuai dengan kondisi mata Anda
    • Apa yang menjadi harapan Anda sebelum, saat dan sesudah operasi.

    Selama berdiskusi dengan dokter, Anda dipersilahkan mengajukan pertanyaan mengenai mata Anda dan seputar operasi, sehingga Anda dapat memahami risiko dan manfaat operasi yang akan dijalani.

Persiapan Sebelum Tindakan: Berapa Lama Operasi LASIK

Setelah dokter menyatakan bahwa Anda merupakan kandidat yang sesuai untuk operasi LASIK, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan harus dipersiapkan, seperti:

  1. Mengatur Jenis Transportasi
    Anda perlu mengatur jenis transportasi yang akan digunakan menuju tempat operasi dan dari tempat operasi, tidak disarankan untuk naik motor, naik angkutan umum yang terbuka serta mengendarai sendiri kendaraan roda dua dan empat setelah operasi.
  2. Tidak Menggunakan Riasan atau Pewangi
    Pada hari operasi, sebelum operasi dilakukan Anda tidak boleh menggunakan:

    • krim
    • losion
    • riasan
    • parfum atau kosmetik yang mengandung pewangi lainnya

    Mengapa? Produk kosmetik dapat melepaskan butiran – butirannya disepanjang bulu mata sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi selama dan setelah operasi. Dokter akan menyarakankan Anda untuk membersihkan wajah dan area sekitar mata agar butiran – butiran bekas riasan tidak mengganggu selama operasi.

berapa lama proses lasik

Selama Tindakan: Berapa Lama Operasi Lasik

Tindakan operasi LASIK akan berlangsung selama 15 – 30 menit untuk kedua mata dan Anda akan dibaringkan di meja operasi yang dibagian atas memiliki Laser System lengkap termasuk mesin besar dengan mikroskop yang menempel di dalamnya serta layar komputer.

Secara umum prosedur tindakan ini tidak menimbulkan rasa sakit karena penggunaan obat tetes anestesi topical yang diteteskan sebelum operasi. Anda akan merasa sedikit tidak nyaman seperti rasa peregangan dikelopak mata selama operasi.

Selama tindakan, Anda akan berbaring dengan posisi telentang menghadap ke alat laser yang berada di atas Anda dan disarankan untuk tetap diam agar mata tetap pada posisi lurus keatas selama operasi.

Dokter akan mempersiapkan segala sesuatu sebelum proses laser dimulai. Suction ring akan dipasangkan pada mata Anda dan penglihatan menjadi gelap / blackout selama kurang lebih 25 detik. Selagi prosedur berjalan pada satu mata, Anda masih dapat melihat dengan mata yang sebelahnya selama 25 detik. Jadi penglihatan Anda tidak dalam kondisi benar – benar gelap / blackout selama tindakan langsung.

Fokuskan mata Anda pada lampu yang berkedip – kedip di dalam alat dan mata harus lurus keatas melihat kearah sinar laser. Anda akan mencium ada aroma terbakar / gosong selama proses laser.

Ketika proses operasi selesai, Anda akan diarahkan untuk beristirahat di ruang pemulihan sekitar 10 – 15 menit. Tahap akhir setelah pemulihan, dokter akan melakukan pemeriksaan mata dengan “slitla mp” sebelum Anda diijinkan pulang.

Setelah Tindakan: Berapa Lama Operasi LASIK

  1. Keadaan Kondisi Mata
    Mata akan terasa seperti ada pasir, berair dan rasa tidak nyaman pada umumnya dirasakan selama 5 jam pertama setelah tindakan. Obat-obatan yang diberikan dapat meringankan rasa tidak nyama tersebut.
  2. Waktu Istirahat
    Istirahat sangat diperlukan pada hari dilakukannya tindakan dan satu hari setelahnya, kemudian Anda dapat beraktivitas kembali (bekerja, sekolah, dll) pada hari ke – 2 atau ke – 3 setelah hari tindakan.
  3. Cek Kondisi Mata
    Anda wajib datang kontrol ke Dokter Spesialis Mata 1 hari setelah tindakan untuk mengetahui kondisi mata Anda. Disarankan untuk menggunkana kacamata hitam / sunglasses sebagai pelindung, jika mata Anda sensitif terhadap cahaya matahari.
  4. Pemasangan Pelindung Mata
    Anda akan dipasangkan eyeshield / pelindung mata transparan. Disarankan untuk tidak mengemudikan kendaraan setelah melakukan tindakan.
  5. Proses Pemulihan Mata
    Anda dapat melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamata / lensa kontak keesokan harinya setelah bangun dari tidur, penglihatan akan berangsur membaik sampai beberapa hari kemudian.
  6. Hal yang Disarankan
    Anda dapat bepergian menggunakan pesawat 3 sampai 5 hari setelah tindakan. Disarankan untuk menjauh dari tempat yang banyak asap serta debu selama 1 minggu.
  7. Hal Penting
    Jangan mengucek mata selama 2 minggu pertama setelah operasi. Anda dapat melakukan aktivitas ringan atau olahraga ringan 2 – 3 hari setelah tindakan, olahraga berat yang kontak dengan tubuh seperti tinju, sepakbola, karate, berenang / olahraga air, dan lain – lain tidak boleh dilakukan selama kurang lebih 1 bulan setelah tindakan. Hal ini penting untuk melindungi mata Anda dari segala sesuatu yang dapat masuk ke mata dan terhadap benturan dan pukulan.
berapa lama proses operasi lasik

Beberapa Bulan Setelah Tindakan: Berapa Lama Operasi LASIK

  1. Kondisi Ketajaman Mata
    Ketajaman penglihatan masih berubah – ubah. Kondisi ini normal dan merupakan bagian dari proses penyembuhan. Ketajaman penglihatan Anda akan stabil setelah beberapa bulan berikutnya dan lama waktu pemulihan bervariasi pada setiap individu, tergantung pada kondisi mata pasien. Umumnya, semakin tinggi kelainan refraksinya semakin lama stabil tajam penglihatannya.
  2. Kondisi Mata Kering
    Kondisi mata kering akan dirasakan selama beberapa bulan setelah tindakan. Anda dapat menggunakan obat tetes mata pelembab untuk mengurangi rasa tidak nyaman.
  3. Kondisi Peka Terhadap Cahaya
    Masalah penglihatan pada malam hari seperti halo, silau, starburst akan muncul dan terasa selama 6-12 bulan

Diatas adalah penjelasan mengenai berapa lama operasi LASIK, dimulai dari persiapan, selama tindakan dan setelah tindakan, serta beberapa bulan setelah tindakan. Jadi, kapan Anda Lasik? Jadwalkan diri Anda ke Ciputra SMG Eye Clinic sekarang!

 

References:
Allaboutvision.com. (2019). Preparing for LASIK, Allaboutvision [online] Available at: https://www.allaboutvision.com/mlj/prepare.htm [Accessed 29 Aug. 2019].
American Academy of Ophtalmology. (2018). “LASIK – Laser Eye Surgery.” American Academy of Ophthalmology. Available at: https://www.aao.org/eye-health/treatments/lasik [Accessed 29 Aug. 2019].