Jakarta, 18 September 2015, Ciputra SMG Eye Clinic (CSEC) memperkenalkan teknologi ReLEx® SMILE yang merupakan metode paling baru dari operasi Lasik. ReLEx® SMILE (Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction) merupakan generasi ketiga dari Lasik yang menggunakan prosedur bedah refraktif tanpa menggunakan pisau (bladeless) juga tanpa irisan (flapless) untuk mengoreksi kelainan yang terjadi pada mata seperti rabun jauh (myopia), rabun dekat (hyperopia), dan astigmatisme (silindris).

Kelebihan ReLEx® SMILE

Dokter spesialis mata Ciputra SMG Eye Clinic, dr. Utami Noor Sya’baniyah SpM menjelaskan bahwa prosedur dari ReLEx® SMILE hanya menggunakan satu mesin Femtosecond laser dengan teknologi paling modern saat ini untuk mengoreksi bentuk kornea mata dengan sayatan yang sangat kecil sehingga waktu pemulihan yang dibutuhkan pasca tindakan menjadi lebih cepat dan minim efek samping seperti nyeri, silau juga mata kering. “Berbeda dengan lasik yang membuat sayatan pada kornea hingga 20 mm, ReLEx® SMILE hanya membuat sayatan kecil 2-4 mm di permukaan kornea. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ini juga lebih cepat, hanya sekitar 10 menit,” ujar dr. Utami.

Syarat kandidat ReLEx® SMILE

Tidak semua orang penderita mata minus dan silindris bisa menjalani metode ReLEx® SMILE. Dr. Utami menjelaskan ada beberapa persyaratan untuk melakukan prosedur koreksi pengelihatan ini, seperti harus berusia 18 tahun ke atas, tidak mengalami perubahan resep kacamata yang signifikan selama satu tahun terakhir, miopa hingga minus 10 atau astigmatisme hingga minus 5. “Lalu, tidak sedang hamil, tidak memiliki sejarah medis mata signifikan, tidak memiliki sejarah penyakit mata di keluarga dan pecinta olahraga esktrim,” lanjutnya.

Biaya ReLEx® SMILE

Bicara mengenai biaya yang harus dikeluarkan, direktur Ciputra Healthcare, Veimeirawaty Kusnadi mengatakan, untuk masa promo Ciputra SMG Eye Clinic mengenakan tarif ReLEx® SMILE sebesar Rp. 30 juta untuk sepasang mata. Namun, nantinya untuk menjalani lasik dengan teknologi paling baru ini, pasien harus mengeluarkan biaya pada kisaran Rp. 35 juta sampai dengan Rp. 40 juta untuk sepasang mata.