Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Beranda » Katarak » Biaya Operasi Katarak di Ciputra SMG Eye Clinic

Biaya Operasi Katarak di Ciputra SMG Eye Clinic

Anda tertarik ingin melakukan operasi katarak? Jika iya sebelum melakukannya, Anda perlu mencari tahu dahulu bagaimana metode atau teknik operasi hingga kisaran biaya operasi katarak. Berbicara mengenai biaya operasi katarak memang tidak murah. Namun, saat ini sudah banyak alternatif biaya yang dapat membantu meringankan pasien mulai dari cicilan hingga promo khusus yang ditawarkan rumah sakit atau klinik mata. Sementara itu, biaya operasi katarak juga tergantung pada jenis tindakan dan lensa yang Anda pilih. Penasaran berapa rata-rata harga operasi katarak hingga prosedurnya? Simak ulasan berikut!

biaya operasi katarak

Operasi katarak merupakan metode yang dilakukan untuk memulihkan penglihatan, cara ini aman dan efektif.

Baca Juga: Mata Katarak? Apa Penyebabnya?

Rata-Rata Pengeluaran Operasi Katarak

Tahukah Anda, berapa rata-rata harga operasi katarak? Rata-rata harga operasi katarak di rumah sakit swasta Indonesia dimulai dari Rp6.500.000 hingga lebih dari Rp16.000.000. Soal biaya, Anda tidak perlu khawatir. Kini sudah banyak rumah sakit dan klinik khusus mata yang menawarkan beberapa rencana pembayaran, mulai dari cicilan bank hingga menggunakan asuransi kesehatan. Selain itu, kartu kredit juga menawarkan pengurangan bunga untuk biaya medis tertentu. Jika Anda ingin mencobanya tanyakan pada perusahaan kartu kredit apakah Anda memenuhi syarat. Sementara biaya operasi katarak yang spesifik tentu akan bervariasi setiap orang tergantung pada dokter bedah, lensa yang digunakan, dan teknik bedahnya. Biaya katarak termasuk operasi, implantasi, dan peralatan bedah habis pakai, serta biaya teknis, profesional, dan pusat operasi.

Baca Juga: Setelah Operasi Katarak: Ini yang harus Dilakukan

Jenis Prosedur Pada Operasi Katarak

Terdapat 4 teknik atau metode bedah yang digunakan untuk operasi katarak. Phacoemulsification adalah teknik yang paling umum digunakan untuk menghilangkan katarak. Operasi katarak laser adalah teknik terbaru dan umumnya tidak tercakup 100% oleh asuransi swasta. Sayatan spesifik dibuat di kornea dan kapsul. Ultrasound energi menghaluskan dan memecah katrak menjadi potongan-potongan kecil dan menghisapnya sampai bersih. Potongan-potongan dihapus, dan lensa baru ditempatkan. Operasi katarak fakoemulsifikasi juga dapat secara bersamaan memperbaiki astigmatisme.

Baca Juga: Katarak Jaman Now Menyerang Kawula Muda

Pilihan Jenis Lensa Pada Operasi Katarak

Ada beberapa pilihan lensa yang dapat Anda pilih. Biasanya yang paling banyak digunakan adalah lensa monofokal, lensa toric, serta lensa multifokal.Sementara untuk lensa khusus, seperti lensa presbiopia dan lensa astigmatisme memiliki biaya tambahan.

Dokter spesialis mata akan membantu memilih lensa sesuai kebutuhan dan gaya hidup pasien. Nah, Ciputra SMG Eye Clinic menyediakan jenis lensa standar hingga premium. Adapun harga operasi katarak berdasarkan jenis lensa yang dapat Anda pilih sebagai berikut:

  • Biaya Operasi Paket Lensa Zircon A: Harga operasi 1 mata Rp18.000.000,-
  • Biaya Operasi Paket Lensa Monofocal Toric: Harga operasi 1 mata Rp28.000.000,-
  • Biaya Operasi Paket Lensa Lensa Multifocal: Harga operasi 1 mata Rp30.000.000,-
  • Biaya Operasi Paket Lensa Multifocal Toric: Harga operasi 1 mata Rp39.000.000,-

Baca Juga: Pencegahan dan Penanganan Katarak – Cari Tahu Jawabannya di Sini

Biaya Operasi Katarak Menggunakan Asuransi Pribadi

Semua asuransi swasta utama mencangkup operasi katarak. Sebagian besar asuransi akan mencangkup implan lensa monofokal tradisional. Namun, jika Anda tertarik dengan implan lensa multifokal, mungkin ada biaya out-of-pocket. Biaya ini akan tergantung pada setiap asuransi. Pastikan sebelum operasi katarak, Anda menanyakan dengan penyedia asuransi terkait jaminan dan keuntungan dari aspek keuangannya. Sebagai contoh, apa saja tindakan yang dijamin dan berapa besar biayanya, limit yang didapatkan?

Operasi katarak merupakan metode yang dilakukan untuk memulihkan penglihatan, cara ini aman dan efektif. Ternyata penting untuk mengetahui kemampuan keuangan ketika mendiskusikan opsi bedah dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Setiap individu itu unik, Anda mungkin memerlukan sesuatu yang berbeda dari prosedur katarak standar. Sementara yang lainnya mungkin tidak ada pilihan lain. Semua tergantung pada kondisi mata Anda. Masalah biaya bukan satu-satunya faktor yang menentukan jenis operasi katarak yang tepat. Oleh karena itu, penting melakukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan metode yang efektif dan tepat untuk Anda.

Jika Anda ingin memilih operasi katarak dengan teknologi terkini The New Centurion Vision System (satu-satunya mesin Phaco tercanggih) dan menginginkan lensa premium jangan ragu segera konsultasikan dengan dokter kami di Ciputra SMG Eye Clinic. Pelajari lebih lanjut tentang operasi katarak dan temukan ahli bedah terbaik di Ciputra SMG Eye Clinic.

Telah direview oleh dr. Syenny Budi Handoko, SpM

Source:

Terakhir diperbarui pada 23 Januari 2024