Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

5 Manfaat Operasi Katarak dan Rasakan Keuntungannya

Ketika dokter spesialis mata mendiagnosis katarak jangan berkecil hati dahulu. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi katarak. Tindakan ini termasuk dalam prosedur yang aman dan ketika operasi selesai Anda dapat melihat dengan jelas. Yuk, pelajari lebih lanjut manfaat operasi katarak pada ulasan berikut!

 

Dokter sedang melakukan pemeriksaan penglihatan pasien.

Katarak menjadi penyebab umum yang mengganggu penglihatan seiring bertambahnya usia. Mengangkat katarak memiliki manfaat yang jelas untuk memulihkan penglihatan Anda. Dokter akan mengganti lensa alami Anda yang keruh dengan lensa buatan.

Lebih dari 95% dari mereka dengan mata sehat yang menjalani operasi ini mengalami penglihatan yang lebih baik setelahnya. Penglihatan Anda akan meningkat setelah operasi katarak. Objek yang Anda lihat tampak lebih jelas dan tajam. Penglihatan juga akan terus meningkat saat mata Anda sembuh. Adapun manfaat operasi katarak lainnya meliputi:

1. Memperjelas Penglihatan

Ketika katarak menghalangi penglihatan tentu banyak aspek kehidupan yang tidak dapat kita kendalikan. Pandangan menjadi buram dan tidak jelas. Kondisi ini menyebabkan Anda tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa, seperti mengemudi, membaca, berolahraga dan lainnya. Kabar baiknya, penderita katarak hidup lebih menyenangkan setelah operasi katarak. Ya, sebelum melakukan operasi, pasien dapat mendiskusikan pilihan lensa buatan dengan dokter spesialis mata. Pemilihan lensa tergantung pada kebutuhan, visi, profesi, bahkan budget seseorang. Penderita juga dapat memilih lensa premium yang memiliki banyak keunggulan, seperti mengatasi penglihatan jarak dekat, sedang, jauh, serta mengoreksi gangguan penglihatan lainnya, seperti silinder, astigmatisme.

Artinya, pasien dapat mengurangi ketergantungan terhadap kacamata untuk membantu memperjelas penglihatannya. Tanpa kacamata membuat mereka dapat melanjutkan hobi favorit, seperti menjahit, membaca, berenang, dan banyak lagi. Tindakan operasi katarak memungkinkan pasien melakukan hobi atau kegiatan lain yang tidak mereka nikmati selama bertahun-tahun. Setelah operasi katarak penglihatan menjadi lebih baik bahkan tanpa kacamata.

Baca Juga: Apakah Ada Hubungan Usia dengan Katarak?

2. Mencegah Penderita Terkena Cedera

Pandangan yang tidak jelas terutama bagi orang tua membuat seseorang memiliki risiko terkena cedera. Jatuh menjadi penyebab utama cedera yang kerap orang tua alami. Orang tua yang memakai kacamata bifokal atau multifokal ternyata dapat mengurangi sensitivitas kontras dan presepsi kedalaman yang dapat menyebabkan seseorang tersandung di tangga atau trotoar. Kebanyakan orang setelah operasi katarak tidak membutuhkan lensa multifokal. Beberapa penelitian menunjukkan pengankatan katarak dapat mengurangi risiko jatuh.

3. Mencegah Demensia

Manfaat operasi katarak lainnya membantu mencegah seseorang terkena demensia. Hubungan penglihatan dan demensia menjadi fokus penelitian terbaru. Laporan kasus terbaru, pengangkatan katarak mengurangi risiko terkena demensia.

Studi ini dilakukan lebih dari 3.000 orang dewasa yang lebih tua dengan katarak dan glaukoma selama 24 tahun. Hasilnya, mereka yang menjalani operasi katarak hanpir 30% lebih kecil kemungkinannya daripada yang lain untuk mengembangkan demensia bahkan setelah memperhitungkan tingkat pendidikan, riwayat kesehatan, ras dan akses ke layanan medis.

Baca Juga: Apakah Bisa Operasi Katarak Dijamin Asuransi Kesehatan?

4. Melindungi Kesehatan Mata

Bertambahnya usia membuat seseorang lebih rentan terganggu kesehatannya termasuk bagian mata. Mata yang berfungsi untuk melihat dapat terganggu berbagai masalah termasuk katarak. Biasanya penderita katarak tidak menutup kemungkinan memiliki risiko gangguan mata lainnya. Itulah sebabnya banyak yang memiliki satu penyakit dapat mengembangkan yang lain. Oleh karena itu, operasi katarak dapat mencegah berbagai komplikasi dan melindungi penglihatan Anda.

5. Prosedur yang Mudah dan Efektif

Tindakan operasi katarak dilakukan dengan aman dan terbukti efektif. Prosesnya pun efisien setelah tindakan operasi, Anda dapat pulang tanpa perlu rawat inap. Pastikan Anda mengikuti saran dari dokter dan melakukan perawatan pasca operasi katarak untuk mempercepat proses penyembuhan.

Katarak merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan lensa mata keruh. Gejala yang menandai katarak, seperti penglihatan kabur, silau, penglihatan buruk di malam hari, dan lingkaran cahaya. Katarak yang terjadi pada satu atau dua mata tentu dapat mempengaruhi penglihatan Anda dan dapat mengganggu rutinitas harian. Namun, pengobatan katarak dengan operasi dapat mengatasi masalah ini. Operasi katarak menawarkan banyak manfaat bukan hanya meningkatkan penglihata saja, tetapi lebih dari itu. Dokter spesialis mata akan mengganti lensa mata yang keruh dengan lensa buatan baru atau lensa intraokular/IOL. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak seputar layanan katarak konsultasikan segera dengan dokter spesialis mata berpengalaman.

Telah direview oleh dr. Syenny Budi Handoko, SpM

Source: