Katarak yang ada pada mata Anda, tentunya akan mengganggu aktivitas penglihatan mata sehari – hari. Jika ingin hal tersebut tidak mengganggu, Anda dapat memikirkan untuk membersihkannya melalui proses operasi. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mengambil langkah serius ini. Baik dari psikologi dan biologi harus dipersiapkan dengan matang.

Ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dipersiapkan jauh sebelum Anda memutuskan untuk melakukan operasi mata katarak, seperti:

1.Kesiapan Mental.

Pastinya ada perasaan takut dan gelisah karena organ yang akan dioperasi adalah mata. Hal ini sangatlah wajar dan dialami oleh setiap orang. Oleh karena itu, persiapkan mental dan diri Anda secara baik dengan selalu berpikir positif.

2.Kematangan katarak

Ketika katarak sudah benar – benar matang dan diindikasikan untuk segera melakukan operasi, dokter akan segera menginformasikannya kepada Anda, sehingga katarak tidak akan bertambah parah.

3.Keramas

Ketika selesai dilakukannya operasi, maka Anda tidak akan diperbolehkan untuk keramas selama kurang lebih 1 minggu demi menjaga bekas operasi tidak infeksi jika ada air kotor yang mengenai mata. Oleh karena itu, keramaslah sebelum operasi.

4. Kontrol rutin

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda tidak pernah absen dalam mengontrol kondisi mata Anda. Lakukan kontrol sesuai dengan petunjuk dokter dan jangan mengundur – undur waktu kontrol yang sudah ditentukan.

Kemudian, dibawah ini adalah beberapa persiapan yang harus anda lakukan dalam mempersiapkan operasi katarak:

  1. Beberapa minggu sebelum operasi dilaksanakan, dokter akan melakukan screening (pemeriksaan mata awal)untuk mengukur ukuran dan bentuk mata Anda dengan alasan untuk menentukan jenis lensa dan implan yang tepat untuk mata Anda.
  2. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk menghentikan beberapa pengobatan yang berisiko meningkatkan pendarahan selama dan sesudah prosedur operasi. Jika Anda sedang dalam tahap mengonsumsi obat untuk masalah prostat, beri tahu tahu dokter karena beberapa jenis obat tersebut dapat mengganggu proses operasi katarak.
  3. Dokter akan memberikan resep obat tetes mata antibiotik untuk digunakan selama satu sampai dua hari sebelum operasi. Obat tetes mata ini berfungsi untuk mengurangi risiko terhadap infeksi.
  4. Beristirahatlah dengan cukup sebelum melakukan operasi sehingga kondisi tubuh anda dalam keadaan fit.
  5. Pilihlah pakaian yang nyaman ketika dikenakan dan persiapkan kacamata hitam saat pergi ke rumah sakit untuk menjalani operasi. Penggunaan parfum, krim aftershave dan pewangi lainnya jangan digunakan dan hindari penggunaan make updan bulu mata palsu.
  6. Operasi katarak merupakan operasi yang dapat selesai dalam satu Oleh karena itu, Anda dapat pulang pada hari yang sama setelah operasi berlangsung. Tetapi, Anda tidak diizinkan untuk menyetir kendaraan sendiri. Ajaklah anak, saudara, atau teman yang akan menemani Anda dan mengantarkan pulang setelah operasi. Jika diperlukan, Dokter akan membatasi aktivitas seperti membungkuk dan mengangkat beban selama seminggu setelah operasi. Dengan menunduk terlalu lama, tekanan intracranial pada mata meningkat.

Demikian beberapa persiapan psikis dan biologis yang harus Anda persiapkan sebelum menjalani operasi katarak, semoga Anda lebih tenang dan rileks sebelum dan pada saat dilakukannya tindakan operasi. Salam sehat, Ciputra SMG Eye Clinic.