Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Beranda » Katarak » Jenis Operasi Katarak Mana yang Tepat untuk Anda?

Jenis Operasi Katarak Mana yang Tepat untuk Anda?


Diketahui setelah memasuki usia 50 tahun banyak orang yang menderita katarak. Usia memang menjadi faktor utama munculnya katarak. Awalnya terdengar menakutkan, tapi tenang semua ada solusinya. Biasanya operasi katarak modern dapat memulihkan penglihatan yang menurun akibat katarak. Apakah Anda berencana untuk menjalani operasi katarak? Lantas, jenis operasi katarak mana yang tepat untuk Anda? Ulasan selengkapnya berikut ini.

Jenis Operasi Katarak Mana yang Tepat untuk Anda?

Umumnya setelah memasuki usia 50 tahun menjadi faktor risiko terjadinya katarak.

Baca Juga: Informasi Katarak, Asuransi, dan Biaya 2021

Seputar Operasi katarak

Katarak merupakan kondisi dimana lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan penglihatan seseorang menurun atau buram. Kondisi ini tidak dapat dikoreksi dengan kacamata, lensa kontak atau operasi bedah refraktif kornea seperti LASIK. Untungnya, operasi katarak modern menjadi salah satu prosedur bedah yang paling aman dan efektif saat ini. Pada operasi katarak, lensa yang tadinya keruh akan diangkat dan diganti dengan lensa buatan (lensa intraokular). Gunanya agar penglihatan seseorang menjadi jelas Kembali. Menariknya, prosedur dapat dilakukan seacara rawat jalan dan tidak diperlukan menginap di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Berapa jenis operasi katarak?

Jenis operasi katarak dapat dilakukan melalui teknik operasi tradisional dan modern (biasa disebut dengan metode fakoemulsifikasi). Pada mulanya teknik operasi katarak manual, diawali dengan Intracapsular Cataract Extraction (ICCE). Lalu, diikuti dengan Extracapsular Cataract Extraction (ECCE). Operasi katarak teknik ICCE atau ekstraksi katarak intrakapsular dilakukan dengan cara lensa secara utuh dikeluarkan dengan keseluruhan kapsul lensa. Sementara itu, operasi katarak ECCE atau ekstraksi katarak ekstrakapsular dilakukan dengan membuang kapsul anterior, mengeluarkan nukleus lensa dan meninggalkan bagian kapsul posterior untuk implantasi lensa intraokular (LIO). Sayangnya teknik operasi katarak ICCE dan ECCE menghasilkan sayatan yang besar pada pasien. Kondisi tersebut membuat pasien membutuhkan waktu lebih lama untuk penyembuhan luka. Kemudian, teknik ini dikembangkan menjadi teknik terbaru yang hanya membutuhkan luka sayatan lebih kecil, yakni teknik Small Incision Cataract Surgery (SICS) dan fakoemulsifikasi. Kedua jenis operasi katarak ini memiliki keuntungan masing-masing. SICS biayanya lebih murah dan peralatan yang digunakan lebih mudah dioperasikan oleh operator. Sedangkan teknik terbaru, yaitu teknik fakoemulsifikasi, menghasilkan luka sayatan lebih kecil dan waktu penyembuhan lebih cepat.

Prosedur operasi katarak fakoemulsifikasi melibatkan penggunaan perangkat ultrasound frekuensi tinggi untuk menghancurkan lensa keruh menjadi potongan-potongan kecil. Lalu, dikeluarkan dengan lembut dari mata melalui penyedotan. Prosedur ini disebut fakoemulsifikasi atau “phaco,” dapat dilakukan dengan sayatan yang lebih kecil daripada teknik bedah sebelumnya untuk menghilangkan katarak, mempercepat penyembuhan, dan mengurangi risiko komplikasi operasi katarak lain. Kemudian, semua lensa keruh akan dikeluarkan dari mata, dokter mata akan memasukan lensa intraokular bening.

Lensa akan ditempatkan di bagian belakang iris dan pupil. Letaknya di lokasi yang sama dengan lensa alami. Berbeda dengan teknik operasi yang lain, pada prosedut fakoemulsifikasi dokter mata akan menyelesaikan prosedur pengangkatan katarak dan implantasi lensa intraokular tanpa jahitan. Hal ini disebabkan luka yang sangat kecil. Pasca operasi akan diberikan penutup mata sementara, terbuat dari bahan plastik atau kacamata sebagai pelindung mata agar aman dari debu dan penekanan. Metode fakoemulsifikasi atau “phaco,” lebih aman untuk mengoreksi katarak dibandingkan operasi katarak manual. Proses penyembuhan juga lebih cepat dan tidak ada jahitan.
Mempersiapkan operasi katarak dan memilih IOL

Pada persiapan operasi katarak, pemeriksaan mata secara komprehensif diperlukan. Dokter akan mengevaluasi apakah penglihatan Anda buram akibat katarak, atau ada sebab lainnya. Selain itu apakah ada alasan mengapa Anda tidak boleh menjalani operasi dan mengidentifikasi faktor risiko yang mungkin Anda miliki. Pemeriksaan refraksi juga akan dilakukan untuk menentukan secara akurat kelainan refraksi (ukuran minun/plus/astigmatisme) yang Anda miliki sebelum operasi. Dokter akan melakukan pengukuran tambahan untuk membantu memilih kekuatan lensa intraokular yang tepat. Terdapat jenis-jenis lensa intraokular yang dapat Anda pilih. Semua tergantung pada kebutuhan Anda. Selain lensa intraokular yang mengoreksi rabun jauh/dekat, sekarang ada lensa intraokular torik yang mengoreksi astigmatisme juga. Jika Anda tidak keberatan memakai kacamata setelah operasi katarak, implan lensa monofokal biasanya menjadi pilihan utama. Bila kondisi kesehatan mata Anda memungkinkan, pilihan lain ialah lensa multifokal, jika Anda ingin bebas dari kacamata jauh dan dekat.

Baca Juga: Bagaimana Rasanya Operasi Katarak?

Jenis operasi katarak mana yang memiliki waktu pemulihan lebih singkat?

Jenis operasi katarak fakoemulsifikasi memiliki sayatan lebih kecil, yaitu sekitar 2.2-2.7 mm sehingga lebih cepat periode penyembuhannya. Ada beberapa orang yang dapat melihat dengan jelas hampir seketika. Sebagian yang lain mungkin mengalami pemulihan penglihatan sekitar dalam satu atau dua minggu.

Baca Juga: Katarak Jaman Now Menyerang Kawula Muda

Apa yang Anda inginkan dari operasi katarak?

Sebagian orang mungkin ingin mengembalikan penglihatan mereka dan tidak keberatan jika memakai kacamata. Namun bagi yang lain, mendapatkan penglihatan terbaik tanpa kacamata adalah tujuan utama. Konsultasikan dengan dokter mata untuk dapat memutuskan pilihan terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Sekarang Anda sudah bisa menimbang-nimbang jenis operasi katarak mana yang diinginkan. Namun, jenis operasi katarak tergantung pada banyak faktor, termasuk kesehatan mata yang ingin menjalani prosedur, peralatan bedah yang digunakan, serta keahlian ahli bedah.
Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, perawatan apa yang paling tepat dan sesuai kebutuhan Anda. Selama pemeriksaan dan konsultasi mata pra-operasi Anda, tanyakan kepada ahli bedah katarak Anda untuk rincian lebih lanjut jenis operasi katarak dan prosedur serta teknik mana yang terbaik untuk Anda.

Ciputra SMG Eye Clinic hadir menjawab kebutuhan Anda, terutama yang berkaitan dengan kelainan refraksi atau tajam penglihatan. Dengan pelayanan yang berkualitas premium dan didukung peralatan kedokteran mata terkini dapat Anda jumpai. Ciputra SMG Eye Clinic menggunakan teknologi The New CENTURION Vision System (satu-satunya mesin Phaco tercanggih). Dengan sistem otomatis dan teknologi Ultrasonic Phaco membantu memecah lensa keruh. Proses penyembuhan pun cepat dan pasien tetap bisa melakukan kegiatan seperti biasa pada keesokan harinya. Jadi tunggu apalagi? Yuk, dapatkan layanan pemeriksaan mata pertama Anda di Ciputra SMG Eye Clinic!

Telah direview oleh dr. Azrina Noor, SpM

Source:

Terakhir diperbarui pada 23 Januari 2024