Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Setelah Operasi Katarak: Ini yang harus Dilakukan

setelah operasi katarak

Halo Happy Eyes People!

Penyakit katarak adalah adalah salah satu penyakit mata yang sering diderita seluruh masyarakat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Penyakit katarak dapat menimbulkan gangguan penglihatan sampai dengan kebutaan dan untuk penyembuhannya memerlukan tindakan operasi. Penyembuhan dari operasi ini tidak mengambil waktu yang lama selama Anda mengikuti instruksi pasca operasi dan melakukan pemeriksaan lanjutan setelah operasi yang telah direkomendasikan oleh Dokter Mata Anda.

Baca juga: Mata Katarak? Apa Penyebabnya?

Setelah Operasi Katarak

Operasi katarak tanpa komplikasi biasanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit sampai 1 jam. Setelah operasi, Anda akan beristirahat di ruangan pemulihan sampai Anda sudah merasa nyaman. Anda harus memiliki seseorang untuk mengantar Anda pulang setelah tindakan operasi. Lalu, Anda akan diberi penutup mata untuk dipakai di perjalanan pulang untuk melindungi mata silau dari cahaya dan benturan atau sentuhan di mata.

Biasanya, Anda akan disarankan untuk beristirahat dan tidur selama beberapa jam ketika sampai di rumah. Ingatlah bahwa Anda perlu menempelkan pelindung di mata Anda pada malam hari atau selama tidur siang, untuk melindungi mata Anda dari gesekan tangan secara tidak sengaja, ataupun debu kotor yang bisa masuk ke bagian mata Anda.

Baca juga: Operasi Katarak Fakoemulsifikasi Vs Konvensional: Kelebihan dan Biaya

Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Setelah Operasi Katarak

Anda mungkin terkejut melihat betapa enaknya penglihatan Anda dan betapa mudahnya untuk melanjutkan aktivitas normal bahkan sehari setelah operasi katarak. Namun, Anda harus menjalani dan mentaati beberapa tindakan pencegahan selama 2 minggu pertama atau lebih, untuk memastikan Anda terhindar dari komplikasi selama proses penyembuhan dan pemulihan operasi katarak Anda. Dokter Mata Anda biasanya akan meresepkan obat tetes mata antibiotik untuk mencegah infeksi dan obat antiinflamasi untuk membantu mengurangi peradangan di mata yang habis di operasi. Anda harus menggunakan beberapa obat tetes mata 4-6 kali sehari selama sekitar 7-10 hari setelah operasi.

Berikut adalah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah melakukan operasi katarak:

  • Jangan mengemudi pada hari pertama setelah operasi.
  • Jangan melakukan aktivitas berat atau berbahaya selama beberapa minggu.
  • Setelah operasi, hindari membungkuk untuk mencegah memberi tekanan ekstra pada mata Anda.
  • Jangan bersin-bersin atau batuk-batuk kuat atau muntah setelah operasi.
  • Hati-hati dalam melakukan aktivitas, jangan memberikan banyak tekanan pada tubuh Anda, seperti mengedan, menabrak pintu atau benda lain, mengangkat barang yang berat-berat, atau mendorong pintu pagar terlalu kuat
  • Untuk mengurangi risiko infeksi, hindari air masuk ke dalam bola mata selama 2 minggu, dan baru bisa aktivitas renang 1 bulan setelah operasi katarak
  • Jangan biarkan mata terkena iritasi seperti debu, kotoran, atau angin langsung ke mata selama beberapa minggu pertama setelah operasi.
  • Jangan menggosok mata Anda setelah operasi.
  • Boleh melakukan aktivitas normal dan ringan sehari-harinya. Namun, tetap disarankan untuk lebih banyak istirahat

Untuk pemulihan operasi katarak terbaik, ikuti instruksi secara terperinci dari dokter mata Anda tentang cara melindungi mata setelah operasi. Jika Anda memerlukan operasi katarak di kedua mata, Dokter Mata Anda biasanya akan menunggu setidaknya 2 minggu sampai 1 bulan setelah mata pertama Anda diyakini sudah pulih dan baik kondisinya, sebelum melakukan tindakan operasi pada mata yang kedua.

Baca juga: Persiapan Sebelum Operasi Mata Katarak

Proses Pemulihan

Beberapa orang mungkin masih akan mengalami penglihatan yang buram dan silau setelah operasi. Tapi Anda jangan khawatir, karena mata Anda perlu waktu untuk menyesuaikan dan beradaptasi dengan lensa intraokular (lensa tanam) yang digunakan untuk mengganti lensa alami mata Anda yang katarak. Selama periode adaptasi ini, beberapa pasien bahkan melaporkan “distorsi penglihatan” atau kurang fokus. Kejadian ini hanya berlangsung sekitar satu jam atau lebih dan setelah itu akan kembali normal.

Anda juga dapat mengalami kondisi mata merah dikarenakan adanya proses perdangan dan luka di pembuluh darah selama operasi katarak. Saat mata Anda sembuh, mara merah akan hilang dalam beberapa hari. Banyak orang langsung mengalami penglihatan yang jelas dalam beberapa jam setelah operasi katarak. Tetapi kondisi setiap orang berbeda-beda. Ada yang membutuhkan waktu selama satu atau dua minggu untuk bisa melihat jelas dengan fokus lebih baik.

Biasanya, Anda akan diharuskan untuk melakukan perjanjian pemeriksaan lanjut sehari setelah prosedur untuk memastikan tidak ada komplikasi. Jika Anda tidak melihat adanya perbaikan dalam penglihatan (masih terasa buram), atau Anda merasakan sakit pada mata atau merasakan ketidaknyamanan yang signifikan pada hari-hari setelah kunjungan ini, maka Anda harus melaporkannya ke Dokter Mata Anda.

Terkadang orang melaporkan mata kering atau “gatal-gatal” setelah operasi katarak. Sensasi ini akan mereda ketika mata Anda sembuh, kecuali jika Anda sudah memiliki masalah dengan mata kering sebelum menjalani operasi ini. Namun, dengan pemberian beberapa obat tetes mata keluhan ini dapat berkurang atau membaik.

Pemulihan operasi katarak akan membutuhkan waktu sekitar satu bulan hingga mata Anda benar-benar sembuh.

Baca juga: Setelah Operasi Katarak: Ini yang Harus Dilakukan

Nah, sebagai kesimpulannya, operasi katarak bukanlah sesuatu hal yang mengerikan. Operasi dilakukan satu hari dan pasien bisa langsung pulang ke rumah untuk beristirahat. Di Ciputra SMG Eye Clinic, operasi katarak membutuhkan biaya 12 hingga 14 juta rupiah, hingga 36 juta rupiah. Ini semua tergantung dari kebutuhan pasien mengenai lensa yang akan dipakai. Semua itu akan didiskusikan dengan Dokter yang akan menangani operasi Anda. Segera lakukan pemeriksaan mata Anda dengan cara melakukan skrining sebelum dilakukan operasi katarak, dan jangan lupa untuk mematuhi hal-hal di atas untuk mempercepat penyembuhan mata Anda.

 

Telah direview oleh: dr. Yudisianil E. Kamal SpM(K)

Source: https://www.allaboutvision.com/conditions/cataract-surgery-recovery.htm