Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Apakah Bisa Operasi Katarak Dijamin Asuransi Kesehatan?

Apakah bisa operasi katarak dijamin asuransi kesehatan? Pernahkah Anda bertanya hal yang serupa? Jika iya, Anda sedang berada pada tempatnya. Artikel ini akan membahas penjaminan dari asuransi untuk operasi katarak. Daripada penasaran pelajari lebih lanjut ulasan berikut.

katarak dijamin asuransi kesehatan

Dokter akan mengganti lensa dengan lensa intraokular (IOL), lensa buatan yang terbuat dari silikon atau plastik.

Baca Juga: Operasi Katarak Dengan BPJS Kesehatan Begini Alurnya

Operasi Katarak dapat Menyembuhkan Katarak

Jika seseorang menderita katarak, untuk menyembuhkannya dokter akan menyarankan melakukan operasi. Tindakan operasi dilakukan untuk menghilangkan lensa yang buram dan menggantinya dengan lensa buatan yang disebut sebagai lensa intraokular (intraocular lens/IOL). Operasi katarak merupakan tindakan yang aman dan tidak membutuhkan waktu lama. Dokter akan membuat sayatan kecil di kornea mata Anda. Mereka akan menghancurkan lensa yang keruh dengan alat khusus. Mereka akan mengangkat lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan. Dokter akan mengganti lensa dengan lensa intraokular (IOL), lensa buatan yang terbuat dari silikon atau plastik. Lensa ini akan menggantikan lensa biologis Anda yang terganggu.

Apakah Katarak Dijamin Asuransi Kesehatan?

Berbicara mengenai katarak memang tidak ada habisnya ya, mulai dari tindakan operasinya hingga biaya. Anda mungkin merasa khawatir dengan biaya operasi katarak yang tidak sedikit. Padahal secara medis tindakan operasi diperlukan. Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi. Penting untuk mengetahui bahwa banyak program asuransi kesehatan yang dapat menjamin operasi katarak.

Sebagai contoh, BPJS Kesehatan menjamin operasi katarak khusus bagi peserta kartu JKN-KIS di Indonesia. Anda masih memiliki peluang baik untuk mendapatkan prosedur penting ini. Meskipun jenis lensa mata atau IOL yang didapatkan hanya terbatas dan harus sabar mengantre karena kuota operasi katarak yang terbatas di klinik mata/rumah sakit.

Sementara perusahaan asuransi asing lainnya juga mengikuti kebijakan yang serupa. Sebuah asuransi Pacific Prime, menganggap operasi katarak diperlukan secara medis. Operasi ini mencangkup dalam bagian rawat inap dari rencana operasi mereka. Meskipun operasi katarak biasanya hanya rawat jalan. United Healthcare States juga menyatakan dalam kebijakan mereka, bahwa perawatan katarak termasuk operasi yang dianggap perlu secara medis, dan operasi untuk memperbaiki penyakit ini ditanggung. Adapun rencana perawatan yang ditanggung meliputi:

  • Sepasang kacamata setelah operasi pengangkatan katarak
  • Lensa kontak setelah operasi katarak
  • Prosedur operasi termasuk tes diagnostik dasar

Namun, paket asuransi tidak mencangkup:

  • Kacamata hitam yang dirancang untuk mengurangi, mencegah atau mengatasi efek katarak
  • Lebih dari satu pasang kacamata atau satu set lensa kontak setelah operasi katarak
  • Lensa kontak prostetik diluar IOL

Baca Juga: Setelah Operasi Katarak: Ini yang harus Dilakukan

Apa Saja Bagian yang Ditanggung dari Asuransi Kesehatan?

Apakah katarak dijamin asuransi kesehatan Anda? Jika iya, Anda mungkin terkejut bila ada asuransi kesehatan yang menjamin operasi katarak. Sebagian besar perusahaan asuransi kesehatan yang mencangkup pemeriksaan, resep, dan jenis operasi lainnya menganggap operasi katarak diperlukan secara medis, dan mereka akan menanggung setidaknya sebagian dari prosedur.

Sayangnya, paket diagnostik dan tindakan operasi katarak yang ditanggung dapat bervariasi. Ada beberapa prosedur diagnostik dan perawatan pra-operasi yang mungkin tidak ditanggung oleh asuransi. Itu semua tergantung pada perusahaan mana yang dapat menjamin Anda. Lantas, apa saja perawatan katarak yang dicakup oleh sebagian besar paket asuransi:

  • Pemeriksaan mata komprehensif
  • Pemindaian mata (biometri) untuk menentukan lensa mata (IOL)
  • Operasi katarak konvensional
  • Obat-obatan, seperti obat tetes mata
  • Lensa mata yang jenisnya terbatas

Biasanya perusahaan asuransi tidak akan menanggung untuk pilihan peningkatan/upgrade tertentu dari operasi katarak, termasuk jenis IOL premium dan operasi katarak dengan bantuan laser. Artinya, bila Anda menginginkan hal tersebut, maka Anda harus mengeluarkan biaya sendiri.

Apakah Ada Masa Tunggu pada Asuransi Kesehatan?

Sebagian besar perusahaan asuransi kesehatan memiliki masa tunggu 2 tahun untuk perawatan terkait katarak. Namun, tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi tersebut. Sebelum mengajukan klaim operasi katarak, pastikan Anda menanyakan langsung dengan perusahaan asuransi terkait.

Baca Juga: Biaya Operasi Katarak di Ciputra SMG Eye Clinic

Apakah Ada Batasan Klaim?

Beberapa perusahaan asuransi ada yang memiliki batasan klaim. Sementara yang lainnya menentukan dengan persentase uang pertanggungan. Sebagai contoh, 10% dari uang pertanggungan hingga maksimum Rp25.000.000,- Ada baiknya Anda menanyakan langsung batas klaim untuk asuransi kesehatan katarak sehingga Anda dapat mengetahui berapa banyak kompensasi yang Anda dapatkan.

Mengapa Operasi Katarak Diperlukan?

Ketika Anda menderita katarak, Anda mungkin mengalami masalah seperti melihat tidak jelas, buram, penglihatan menjadi ganda dan lainnya. Katarak terjadi akibat protein dalam lensa mata yang mulai terganggu sehingga menjadi keruh dan menyebabkan masalah penglihatan. Kondisi ini akan berkembang dari waktu ke waktu, setiap orang memiliki tingkatan yang berbeda. Jika Anda kehilangan penglihatan yang berat dan kacamata atau lensa kontak tidak cukup membantu penglihatan menjadi jelas, dokter mungkin merekomendasikan Anda agar menjalani operasi katarak.

Operasi katarak diperlukan untuk memperjelas penglihatan Anda dan mencegah kebutaan. Jika tidak diobati, gejalanya bisa menjadi lebih buruk dan dapat menyebabkan kebutaan sebagian mata atau seluruhnya. Oleh karena itu, dokter merekomendasikan seseorang harus melakukan operasi katarak. Selain dapat menyembuhkan, tindakan operasi juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Setelah operasi, kualitas penglihatan Anda akan meningkat, sehingga Anda dapat melakukan aktivitas seperti biasa tanpa bergantung dengan orang lain.

Anda dapat mengemudi sendiri, menonton televisi, serta membaca, tanpa memerlukan bantuan kacamata. Tindakan operasi dapat memulihkan penglihatan Anda. Dengan kemajuan teknologi medis, prosesnya tidak lebih dari 30 menit. Anda juga tidak perlu rawat inap, prosedurnya cukup dengan rawat jalan. Anda perlu istirahat selama beberapa hari untuk mengembalikan penglihatan Anda.

Itulah sekilas info seputar asuransi kesehatan untuk penjaminan operasi katarak. Jenis operasi katarak sama seperti operasi lainnya yang membutuhkan dana tidak sedikit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana tanggungan asuransi mencakup prosedur dan dalam kasus apa saja operasi katarak dapat diklaim. Jika Anda ingin merencanakan operasi katarak dan ingin mengetahui lebih banyak terkait layanan katarak, segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata di Ciputra SMG Eye Clinic.

Telah direview oleh dr. Azrina Noor,SpM

Source: