Biaya Lasik Mata 2020: Informasi, Perbandingan dan Biaya

Biaya LASIK mata 2020 berapa ya?

Biaya operasi LASIK mata di Indonesia berkisar dari Rp10 Juta hingga Rp25 Juta per mata. Kisaran biaya ini ada yang sudah termasuk jasa konsultasi dokter dan obat-obatan, ada juga yang belum.

Saat ini metode terbaru yang paling sering digunakan adalah ReLEx Smile dan FemtoLASIK yang memberikan kenyamanan lebih pada pasien, seperti tingkat presisi yang tinggi, waktu operasi yang lebih singkat dan waktu pemulihan pasca operasi yang lebih cepat.

Di sisi lain, ada juga metode lama untuk mengkoreksi mata rabun yaitu Photo Refractive Keratectomy (PRK) yang juga menggunakan laser dalam prosesnya. Akan tetapi pemulihan pasca operasi PRK ini memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan LASIK, waktu pemulihan dari 1 hingga 3 bulan, dibandingkan dengan prosedur LASIK yang hanya kurang dari sebulan saja.

Operasi LASIK merupakan operasi yang dilakukan dengan tujuan mengkoreksi kelainan refraksi pada mata sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap kacamata dan lensa kontak untuk kualitas hidup yang lebih tinggi.

Biaya Lasik Mata 2020
Biaya Lasik Mata 2020

Metode dan Biaya FemtoLASIK 2020

Laser Femtosecond digunakan untuk mengoreksi penglihatan (mata minus dan silinder) dengan membuat lipatan tipis / flap pada kornea dan dilanjutkan dengan laser excimer yang digunakan untuk membentuk kelengkungan kornea, setelah itu flap dikembalikan ke posisi semula.

Dengan menggunakan laser Femtosecond dapat menggantikan fungsi pisau bedah untuk memotong flap seperti pada metode Lasik microkeratome. Sehingga dapat membuat pasien lasik merasa lebih nyaman dengan mengetahui bahwa tidak ada pisau yang digunakan pada mata mereka. Selain itu, kelebihannya adalah ketebalan flap kornea juga dapat lebih mudah diprediksi, mengurangi risiko luka kornea selama operasi dan risiko peradangan yang rendah. Dalam beberapa kasus, laser femtosecond juga memungkinkan untuk membuat flap kornea yang lebih tipis bertujuan untuk mengoreksi jumlah rabun jauh yang lebih tinggi dengan aman.

Untuk prosedur FemtoLASIK secara keseluruhan berlangsung selama 10-15 menit menggunakan mesin MEL-80.

1.Pada langkah pertama, Laser Femtosecond membuat flap/bukaan pada area kornea.
2.Langkah kedua, flap tersebut dibuka dan proses laser menggunakan excimer laser dilakukan pada permukaan kornea yang telah dibuka.
3.Dan setelah selesai, flap akan dikembalikan ke posisi semula.

Efek samping dari Metode FemtoLASIK akan berbeda pada setiap orang dan pada umumnya, berupa mata kering, rasa mengganjal, dan silau setelah operasi. Namun, hal ini bersifat sementara dan akan hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Biaya lasik mata 2020 dengan metode FemtoLASIK di Ciputra SMG Eye Clinic adalah Rp14,000,000/mata.

Metode dan Biaya ReLEx® SMILE (SMall Incision Lenticule Extraction) 2020

Operasi mata pada metode ReLEx SMILE dilakukan dengan menggunakan laser femtosecond Visumax femtosecond, yang merupakan teknologi terkini dari Carl Zeiss Meditec, perusahaan asal Jerman yang sangat berpengalaman di bidang optik. Dibandingkan dengan FemtoLASIK, metode ReLEx® SMILE merupakan metode operasi LASIK yang terbaru yang tidak memerlukan pembukaan/flap pada kornea.

Metode ReLEx® SMILE hanya membutuhkan waktu keseluruhan 10 menit dengan proses laser hanya selama 24 detik/mata. Insisi pada kornea juga hanya dibuat sebesar 2-4 mm, sehingga mampu menjaga struktur kornea tetap stabil. Tak hanya itu saja, risiko dan gejala mata kering setelah operasi sangat kecil dengan diterapkannya metode ini.

Biaya Lasik Mata 2020

Ada tiga tahapan pada prosedur ReLEx® SMILE:

  1. Pembuatan Lenticule. Laser Femtosecond Visumax akan mebuat lenticele yaitu lapisan tipis dari jaringan kornea dan insisi/potongan kecil pada sisi kornea sebesar 2-4mm .
  2. Mengeluarkan Lenticule. Lenticule akan dikeluarkan melalui insisi/potongan kecil yang sudah dibuat disisi kornea
  3. Koreksi kelaianan Refraksi. Dengan dikeluarkannya lenticule akan merubah bentuk kornea dan jalan sinar yang masuk ke mata sehingga dapat mengembalikan tajam penglihatan.

Efek samping setelah operasi pada setiap orang juga akan berbeda-beda, tapi pada umumnya pasien merasakan pandangan mata berkabut, silau pada 4-6 jam pertama. Perlu diketahui, hal ini sangat normal dan akan hilang seiring dengan berjalannya waktu

Biaya lasik mata 2020 dengan metode ReLEx SMILE di Ciputra SMG Eye Clinic adalah Rp19,000,000/mata

Biaya Lasik Mata 2020

Apakah Biaya LASIK mata 2020 dicover oleh BPJS?

Pertanyaan ini merupakan hal yang sangat umum dan sering ditanyakan oleh pasien. Akan tetapi, operasi LASIK merupakan operasi untuk tujuan kosmetik dan estetik, jadi termasuk ke dalam kategori operasi yang tidak essensial. Sehingga, jaminan sosial dari pemerintah Indonesia tidak mengcover biaya operasi LASIK dan hanya menanggung biaya operasi katarak ataupun penyakit mata yang bersifat pengobatan.