Jakarta - Surabaya (Coming Soon): Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya (Coming Soon):
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Penting Melakukan Pemeriksaan Mata Berkala?

Sama halnya seperti pada kesehatan gigi, maka untuk memperoleh kesehatan mata yang baik ternyata juga harus memeriksakan mata  secara rutin. Apalagi bagi mereka yang sudah menderita rabun jauh atau dekat dan sudah menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk alat bantu penglihatan setiap hari.

Pemeriksaan mata memerlukan serangkaian tes untuk dapat mengevaluasi tajam penglihatan dan menentukan penyakit mata yang Anda derita. Dokter Mata akan menggunakan berbagai instrument untuk melakukan pemeriksaan. Selama pemeriksaan, akan dilakukan evaluasi beberapa aspek, terutama hal yang berkaitan dengan kemampuan penglihatan dan kondisi kesehatan mata Anda secara umum dan khusus.

Mengapa ini dilakukan?

Pemeriksaan mata secara berkala akan membantu mendeteksi masalah pada tahap paling awal, yaitu saat dimana jika didapatkan kelainan masih lebih mudah untuk diobati. Pemeriksaan mata secara teratur akan memberi kesempatan bagi Dokter Mata Anda untuk membantu mengoreksi dan dapat memberikan tips merawat kesehatan mata Anda atau memberikan pengobatan yang sesuai, jika terjadi perubahan tajam penglihatan atau kondisi lainnya dibandingkan hasil pemeriksaan sebelumnya.

Kapan harus menjalani pemeriksaan mata?

Beberapa faktor dapat menentukan seberapa sering Anda memerlukan pemeriksaan mata. Faktor yang berperan diantaranya faktor Usia, adanya penyakit sistemik (diabetes melitus, hipertensi, dan lain-lain) yang dapat menimbulkan komplikasi pada mata, atau sudah terdapat penyakit mata.

Pedoman umum adalah sebagai berikut:

  • Anak-anak 3 tahun ke bawah

Untuk anak di bawah 3 tahun, dokter anak Anda kemungkinan akan mencari masalah mata yang paling umum seperti mata malas, mata juling atau mata tidak lurus. Jika ada masalah atau gejala mata tersebut, pemeriksaan dapat segera dilakukan pada saat itu tanpa memandang usia. Anak Anda bisa menjalani pemeriksaan mata yang lebih komprehensif antara usia 3 dan 5 tahun.

  • Anak-anak dan remaja usia sekolah

Periksalah penglihatan anak Anda sebelum masuk kelas satu. Jika ternyata anak Anda tidak memiliki gejala gangguan penglihatan dan tidak ada riwayat gangguan penglihatan pada keluarga, periksakan kembali penglihatan setiap satu atau dua tahun. Jika terdapat gejala gangguan penglihatan dan memerlukan koreksi kaca mata, pemeriksaan mata berkala dapat dilakukan antara 6 bulan sampai dengan 1 tahun sekali.

  • Orang dewasa

Secara umum, jika mata Anda sehat dan tidak memiliki gejala gangguan penglihatan, periksakan mata Anda pada jadwal berikut ini:

  1. Setiap 5 hingga 10 tahun di usia 20-an dan 30-an
  2. Setiap 2 hingga 4 tahun dari 40 menjadi 54
  3. Setiap 1 hingga 3 tahun dari 55 hingga 64
  4. Setiap 1 atau 2 tahun setelah usia 65
  5. Setiap 1 atau 2 tahun setelah usia 65
  • Periksakan mata Anda lebih sering jika Anda:
    Pemakai kacamata atau lensa kontak
    Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata atau kehilangan penglihatan
    Memiliki penyakit sistemik kronis yang menjadikan Anda pada risiko penyakit mata yang lebih besar, seperti diabetes melitus
    Minum obat yang memiliki efek samping mata yang serius, misalnya berbagai macam dan bentuk kortikosteroid

Source: Eye Exam