Jakarta - Surabaya (Coming Soon): Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya (Coming Soon):
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Mata Katarak? Apa Penyebabnya?

Halo Happy Eyes People!

Penyakit Katarak merupakan penyakit mata tersering yang mengganggu fungsi penglihatan akibat kekeruhan yang terjadi pada lensa mata, sehingga penglihatan menjadi kabur. Penyakit ini bisa terjadi pada salah satu mata atau kedua mata sekaligus. Biasanya, faktor usia yang menyebabkan adanya penyakit ini. Namun, terdapat juga penyebab lainnya yang akan kita bahas pada artikel ini. Tenang saja, katarak bukan penyakit yang menular kok!

Penyebab Katarak

Penyebab

Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, lensa mata kita makin lama akan mengeras akibat terjadinya perubahan jenis protein lensa, sehingga struktur protein tersebut akan menjadi lebih padat dan berubah warna (struktur lensa normalnya transparan) yang menyebabkan lensa menjadi keruh dan berkabut. Hal ini sangat wajar terjadi pada orang yang berusia lanjut.

Penyakit

Salah satu penyakit sering berhubungan dan dapat menyebabkan penyakit katarak adalah Diabetes Melitus atau kencing manis. Pada seorang penderita Diabetes terdapat enzim aldose reductase yang menjadi pencetus terjadinya katarak. Penyakit lainnya seperti radang pada lapisan tengah mata, atau kerusakan retina. Selain itu, pengidap penyakit kulit juga bisa mengalami katarak, seperti penyakit dermatitis atopik (alergi), pemfigus, dan penyakit kulit lainnya.

Sinar Matahari

Lindungi mata Anda dari paparan sinar UV secara terus-menerus dengan menggunakan pelindung matakacamata hitam.

Riwayat Mata

Jika terdapat mata yang pernah trauma mata (mata terbentur, adanya luka di mata, tdan erkena percikan zat kimia) dapat menjadi penyebab katarak. Jika pernah mengalami kondisi ini, segera cek ke dokter mata dan jangan ditunda. Selain itu, faktor genetik juga memperngaruhi penyebab katarak, seperti pada penderita miopia tinggi, adanya infeksi rubela pada kehamilan, dan sebagai salah satu gejala pada sindroma penyakit tertentu.

Konsumsi Obat dalam Jangka Panjang

Beberapa obat-obatan, seperti mengkonsumsi kortikosteroid dalam jangka panjang dapat menyebabkan proses terjadinya katarak. Adanya obat-obat kimia tertentu pada minuman-minuman (misalnya : jamu), dapat menyebabkan katarak, jika diminum dalam waktu yang cukup lama.

Pola Hidup

Mengkonsumsi minuman beralkhohol dalam jumlah banyak secara rutin, perokok, dan pola makan yang tidak sehat, serta kurang gizi dapat memberikan kesempatan bagi penyakit katarak untuk berkembang.

Nah, sebagai kesimpulan, operasi katarak merupakan operasi yang aman untuk dilakukan. Namun, ada baiknya jika kita lebih bisa menjaga kondisi mata kita masing-masing agar meminimalisir berkembangnya penyakit Katarak. Biaya operasi katarak di Ciputra SMG Eye Clinic memiliki rentang harga dari 12 hingga 14 juta, tergantung dari rekomendasi Dokter untuk menginformasikan jenis lensa yang sesuai dan terbaik sesuai kebutuhan pasien. Jika ada dari kerabat Anda yang mengalami kondisi Katarak, segera konsultasikan kepada Dokter Spesialis Mata agar dapat dilakukan skrining dan operasi katarak sesegera mungkin agar penglihatan kembali membaik, dan dapat melakukan aktivitas kembali dengan normal tanpa adanya hambatan penglihatan.