Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Mata Katarak? Apa Penyebabnya?

Halo Happy Eyes People! Penyebab mata katarak memang perlu kita waspadai. Penyakit Katarak merupakan penyakit mata tersering yang mengganggu fungsi penglihatan akibat kekeruhan yang terjadi pada lensa mata, sehingga penglihatan menjadi kabur. Penyakit ini bisa terjadi pada salah satu mata atau kedua mata sekaligus. Biasanya, faktor usia yang menyebabkan adanya penyakit ini. Namun, terdapat juga penyebab katarak lainnya yang akan kita bahas pada artikel ini. Tenang saja, katarak bukan penyakit yang menular kok!

Penyebab Katarak

Penyebab Katarak

Katarak merupakan gangguan penglihatan yang ditandai dengan keruhnya lensa mata sehingga penglihatan menjadi kabur atau buram. Jika kita ibaratkan seperti melihat jendela berkabut. Katarak berkembang ketika penumpukan protein dalam lensa terjadi. Nah, endapan inilah yang mencegah cahaya melewati lensa sehingga mengganggu penglihatan normal.

Katarak berkembang secara perlahan hingga akhirnya Anda akan merasa terganggu karena menurunnya produktifitas, seperti tidak bisa membaca, mengemudi, dan lainnya. Kita mungkin hanya mengetahui penyabab katarak karena faktor usia saja. Namun, beberapa kondisi lain dapat memengaruhi terjadinya katarak. Penasaran apa saja penyebab lain dari katarak? Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan katarak meliputi:

Usia

Mata kita terdiri dari air dan protein. Seiring bertambahnya usia, lensa mata kita makin lama akan mengeras akibat terjadinya perubahan jenis protein lensa. Struktur protein tersebut akan menjadi lebih padat dan berubah warna (struktur lensa normal berwarna transparan) yang menyebabkan lensa menjadi keruh dan berkabut. Fenomena ini disebut dengan katarak.

Diabetes Mellitus

Salah satu penyakit sering berhubungan dan dapat mengembangkan katarak adalah Diabetes Mellitus atau kencing manis. Orang dengan Diabetes atau gula darah tinggi 60% lebih mungkin mengembangkan katarak daripada individu yang memiliki kadar gula normal. Pada penderita Diabetes terdapat enzim aldose reductase yang menjadi penyebab terjadinya katarak.

Lensa mata dapat membengkak karena gula darah yang tinggi dalam jangka waktu lama. Jika lensa mata membengkak, maka Anda tidak akan melihat dengan jelas. Gula darah Anda akan berubah menjadi sorbitol dan katarak lebih mungkin terbentuk pada lensa mata.

Sinar Matahari

Penyebab mata katarak selanjutnya paparan sinar matahari. Lindungi mata Anda dari paparan sinar UV dengan menggunakan pelindung mata, seperti kacamata hitam. Jika tidak sinar UV dapat menyebabkan perubahan pada kesehatan mata kita dan berpotensi merusak mata secara permanen. Jika Anda mengenakan kacamata hitam, maka dapat menghalangi 99-100% sinar UVA dan UVB, dan menyaring minimal 75% cahaya untuk membantu melindungi mata Anda dan mencegah katarak.

Riwayat Mata

Penyebab mata katarak lainnya adalah riwayat mata akibat trauma atau kondisi tertentu. Sebagai contoh, trauma mata tumpul atau menembus, sengatan listrik, luka bakar, percikan zat kimia atau radiasi pengion. Katarak traumatis dapat berkembang bahkan bertahun-tahun setelah jenis cedera mata ini terjadi. Jika Anda mengalami riwayat mata seperti di atas, segera konsultasikan ke dokter spesialis mata untuk pengobatan yang tepat.

Konsumsi Obat dalam Jangka Panjang

Beberapa obat-obatan, seperti konsumsi kortikosteroid dalam jangka panjang dapat menyebabkan proses terjadinya katarak. Obat-obatan yang termasuk:

  • Obat penenang
  • Obat jantung
  • Obat antiseizure dalam pengobatan epilepsi
  • Obat penurun kolesterol
  • Obat untuk mengurangi peradangan

Selain itu, adanya obat-obat kimia tertentu pada minuman-minuman (misalnya : jamu), dapat menyebabkan katarak, jika diminum dalam waktu yang cukup lama.

Pola Hidup

Selain obat-obatan, gaya hidup yang kurang sehat pada seseorang juga meningkatkan risiko katarak. Jika Anda memiliki pola makan yang buruk dapat berkontribusi dalam pengembangan katarak. Pastikan Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Konsumsilah makanan bergizi dan seimbang terutama yang mengandung kadar vitamin C dan E tinggi untuk memperlambat perkembangan katarak.

Sementara merokok juga ikut berkontribusi terhadap penglihatan mereka. Perokok dua kali lebih mungkin mengembangkan katarak dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Asap rokok mengandung radikal bebas yang dapat menyebabkan perubahan molekul protein sehingga merusak sel-sel mata dan pada gilirannya menyebabkan terbentuknya katarak.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi alkohol yang tinggi secara signifikan meningkatkan risiko katarak. Minum berat menginduksi enzim mikrosom sitokrom di hati. Metabolisme unsur ini menghasilkan radikal bebas yang dapat menyebabkan potongan protein di mata. Kemudian, menyebabkan pembentukan katarak atau kehilangan penglihatan.

Katarak Kongenital

Umumnya orang hanya mengetahui katarak terjadi pada usia lanjut antara 40-60 tahun. Nyatanya katarak kongenital terjadi pada bayi baru lahir. Katarak bawaan ini dapat berkembang karena berbagai alasan termasuk kecenderungan yang diturunkan, infeksi (seperti campak atau rubella), masalah metabolisme, diabetes, trauma, peradangan atau reaksi obat.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, bahkan kematian. Tekanan darah tinggi diketahui menyebabkan peradangan tinggi yang dapat menyebabkan katarak. Selain katarak, hipertensi juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan lain, seperti degenerasi makula dan glaukoma terkait usia.

Kebanyakan penderita penyakit mata dari tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala sampai akhir penyakit, gejala yang termasuk:

  • Penglihatan ganda
  • Kehilangan penglihatan
  • Sakit kepala

Nah, untuk mengobati masalah mata yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi sebaiknya tekanan darah harus terkendali. Jika tidak kerusakan permanen dapat terjadi. Katarak merupakan gangguan penglihatan yang memengaruhi fungsi kesehatan akibat keruhnya lensa mata.

Jika terjadi, Anda akan mengalami penurunan penglihatan bahkan kebutaan. Proses degenerasi biasanya menjadi penyebab umum berkembangnya katarak. Namun, faktor risiko lain juga dapat mempengaruhi perkembangan katarak mulai dari gaya hidup hingga kondisi kesehatan tertentu.

Jika mata Anda masih sehat sebaiknya jaga kondisinya dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan rutin mengontrol kesehatan mata ke dokter. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang memiliki katarak. Katarak dapat diobati dengan tindakan operasi.

Ada berbagai metode operasi katarak yang dapat dilakukan dokter. Selain teknik operasi yang beragam, dokter juga didukung dengan peralatan modern dan canggih. Ciputra SMG Clinic sendiri menggunakan mesin Pacho The New CENTURION® Vision System untuk tindakan operasi katarak.

Mesin Pacho generasi terbaru ini secara otomatis akan menyesuaikan dengan berbagai perubahan selama operasi berlangsung sehingga operasi berjalan lebih aman, nyaman, dan hasil yang memuaskan. Jika ada keluarga atau teman yang menderita Katarak, segera konsultasikan kepada Dokter Spesialis Mata agar dapat dilakukan skrining dan operasi katarak sehingga penglihatan kembali membaik dan dapat melakukan aktivitas dengan normal.