Jakarta - Surabaya: Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB Jakarta - Surabaya:
Senin - Sabtu | 09:00 - 18:00 WIB

Beranda » Mata » Penyebab Mata Minus Bertambah dan Cara Meminimalkannya

Penyebab Mata Minus Bertambah dan Cara Meminimalkannya

Mata minus atau miopia dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anda akan merasa kesulitan melihat objek yang jauh. Perawatan yang tidak tepat dapat memperburuk miopia. Berbagai kondisi dapat menyebabkan mata minus bertambah. Lantas, apa saja penyebab mata minus bertambah? Cari tahu dalam ulasan berikut!

mata minus bertambah

Pemakaian perangkat digital dalam waktu lama tidak hanya memengaruhi perkembangan miopia, tetapi juga membuat mata tegang.

Orang dengan mata minus memiliki masalah dengan kekuatan fokus pada mata. Mereka akan membutuhkan kacamata atau lensa kontak untuk membantu mereka melihat jauh dengan jelas.

Orang yang menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pekerjaan visual dengan intens, seperti bermain video game, bekerja di depan komputer, lebih mungkin terkena mata minus.

Baca Juga: Ingin Menyembuhkan Mata Minus Tanpa Kacamata? Bisa!

Berbagai Penyebab Mata Minus Bertambah

Sinar cahaya yang harusnya difokuskan pada jaringan saraf di bagian belakang mata (retina) justru difokuskan di depan retina. Miopia dapat terjadi karena faktor genetik, lingkungan, hingga kebiasaan membaca yang kurang tepat. Selain itu, ada berbagai kondisi yang membuat mata minus semakin parah atau bertambah di antaranya berikut.

1. Bertambah Usia

Mata minus dapat meningkat seiring bertambahnya usia terutama pada anak-anak. Peningkatan mata minus dapat menyebabkan risiko lebih tinggi terkena penyakit mata yang mengancam penglihatan.

Pertumbuhan mata pada anak menyebabkan miopia semakin memburuk saat mata tumbuh dan berubah bentuk. Struktur mata anak terus berkembang hingga usia 20 tahun. Pertumbuhan mata berhenti pada usia 20.

2. Kebiasaan Penggunaan Gadget

Penggunaan perangkat digital yang kurang tepat dan dalam waktu lama dapat dikaitkan dengan perkembangan miopia. Mata minus Anda akan bertambah bila tidak memperbaiki kebiasaan membaca dan menggunakan gadget.

Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bekerja, bermain game, menonton di semua jenis perangkat digital berbeda, seperti smartphone, tablet, komputer, dan lainnya.

Penggunaan perangkat digital dalam waktu lama tidak hanya memengaruhi perkembangan miopia, tetapi juga membuat mata tegang. Jika Anda melihat perangkat digital yang berbeda terlalu banyak.

Beristirahatlah secara teratur setiap 20 menit untuk mengalihkan pandangan dari layar, mengamati objek yang jauh, dan mengistirahatkan mata. Anda bisa berkedip 10 kali untuk melumasi mata Anda.

Baca Juga: Mata Minus Bisa Sembuh Total? Yuk, Coba Cara Ini!

Cara Mencegah agar Minus Tidak Bertambah Parah

Jika Anda tidak dapat mengurangi penggunaan ponsel dan komputer dalam waktu dekat. Lantas, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi ketegangan mata? Berikut beberapa cara untuk mencegah miopia tidak bertambah parah.

1. Sesuaikan Kecerahan dan Kontras Layar

Jika Anda harus berkerja menggunakan perangkat digital. Sesuaikan tingkat kecerahan dengan cahaya di sekitar Anda. Anda juga perlu mengatur kontras pada layar komputer termasuk gadget untuk mengurangi ketegangan mata. Pastikan Anda menggunakan fitur eye protection pada layar untuk mengurangi kelelahan mata.

Ketika menggunakan komputer sebaiknya atur posisi duduk sekitar 25 inci dari layar. Hadapkan layar komputer sehingga mata Anda menatap sedikit ke bawah, tidak lurus ke depan atau ke atas. Selain itu, pastikan punggung Anda tegak dan kedua kaki Anda menopang tubuh bagian bawah.

2. Gunakan Kacamata Anda

Kebanyakan orang dengan mata minus akan mendapatkan kacamata resep untuk mengoreksi dan memfokuskan penglihatan. Anda mungkin perlu memakainya sepanjang waktu. Lensa multifokal menawarkan berbagai kekuatan lensa yang berbeda, memungkinkan pemakai untuk memfokuskan penglihatan mereka dengan jelas untuk jarak jauh dan dekat tanpa memerlukan perangkat korektif tambahan.

Orang yang menghabiskan banyak waktu melakukan pekerjaan yang intensif secara visual, seperti bermain video game atau bekerja di depan komputer, berisiko lebih tinggi terkena miopia.

Penderita miopia dapat mengalami kesulitan melihat film atau layar TV dengan jelas, papan tulis di sekolah atau saat mengemudi. Umumnya, mata minus pertama kali terjadi pada anak usia sekolah. Jika Anda merasakan perubahan pada penglihatan segera kontrol mata Anda dan temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Telah direview oleh dr. Devy Mandagi, SpM.

Source:

Terakhir diperbarui pada 23 Januari 2024